Piye

Sambut Ramadhan, Pemkab Rowah Bersama Ratusan Yatim

Sambut Ramadhan, Pemkab Rowah Bersama Ratusan Yatim
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Menyambut datangnya Ramadhan, Pemkab Loteng menyelenggarakan kegiatan Rowah bersama ratusan anak yatim dari seluruh penjuru Gumi Tastura.

"Rowah ini jangan dikaitkan dengan politik atau apapun, ini murni untuk menyambut datangnya bulan yang suci," tegas Bupati Loteng, H. Moh Suhaili FT.

Dikatakan, kegiatan ini memiliki makna berbagi untuk sesama sebagai salah satu program Pemkab mengentaskan kemiskinan.

Sementara Kabag Humas Pemkab Loteng, HL. Herdan menerangkan, kegiatan rowah ini merupakan kegiatan perdana dan rencananya akan menjadi agenda tahunan.

Terkait jumlah anak yatim yang dijamu pada kegiatan rowah ini mencapai, dijelaskan sebanyak 360 anak yatim dari 12 kecamatan yang ada. "Masing-masing camat diberi tanggung jawab anak yatim ini, mulai dari keberangkatan hingga pulang," jelasnya.

Selain para camat, masing-masing SKPD juga diminta keterlibatannya dalam prosesi rowah ini. "Jadi semuanya bekerjasama, karena ini akan jadi agenda tahunan Pemkab," jelasnya.

Sementara itu, TGH. Fachrudin LC yang diundang sebagai penceramah mengungkapkan, kegiatan sejenis pernah dilaksnakan pada zaman Rasulullah SAW. Hanya saja dikemas dalam konsep yang berbeda.

"Kalau dulu Nabi kita mengumpulkan sahabat dan mengatakan agar menghidupkan bulan Ramadhan, dengan zikir, baca Alqur'an, melakukan kajian, santunan dan lainnya. Jadi Pemkab Lombok Tengah saat ini melanjutkan apa yang sudah dilaksnakan Nabi kita," ujarnya.

Dia berharap, kegiatan semacam ini tidak hanya pada awal puasa saja, tetapi dilanjutkan di bulan Ramadhan bahkan setelah usai puasa. "Ini kegiatan yang sangat positif, dan semoga ini bisa ditiru oleh daerah lain," harapnya. (09)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.