Piye

Respon Tuntutan Warga Pihak Pelindo Lembar Melunak

Respon Tuntutan Warga Pihak Pelindo Lembar Melunak
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Demo warga Labuan Tereng menduduki lokasi proyek pembangunan Gili Mas dengan keluhan tidak dilibatkan dalam aktivitas mega proyek PT. Pelindo sehari sebelumnya, direspon cepat pihak Pelindo III Lembar dengan menggelar dialog (12/5) dihadiri langsung Manager Pelindo III, PM PP Destiar dengan difasilitasi Polsek Lembar dan Posramil Lembar.

Dalam dialog antara pihak Pelindo dan masyarakat tersebut, Manager PT. Pelindo III Lembar, Baharuddin menyatakan menerima permintaan warga berikut perangkat desa (Kadus serta BPD dan tokoh masyarakat) untuk turut andil dalam proses pembangunan Pelabuhan bernilai miliyaran rupiah tersebut.

“Kami akan memberikan ruang kepada masyarakat Labuan Tereng untuk andil dalam pembangunan Pelabuhan Gili Mas namun dengan catatan harus sesuai dengan skill dan kapasitasnya,” ujar Baharuddin diplomatis.

Selain mempersilahkan warga untuk turut andil dalam pembangunan proyek tersebut, Baharudin juga meminta warga untuk tetap menjaga kondusifitas selama berjalannya proyek tersebut, pasalnya proyek tersebut merupakan proyek nasional yang dimandatkan presiden kepada BUMN.

“Kalau ada yang berbuat onar,  kami tidak akan segan memproses secara hukum,” tegasnya.

Janji pihak Pelindo untuk menyerap aspirasi warga ini disaksikan langsung oleh perangkat desa Labuan Tereng serta sejumlah perkumpulan warga yang menanti keseriusan Pelindo untuk melibatkan mereka dalam pembangunan pelabuhan yang akan diperuntukkan untuk berlabuhnya Kapal pesiar tersebut.

“Kami menunggu keseriusan janji pihak Pelindo untuk bekerjasama dengan kami pihak desa serta sejumlah dusun di sekitar proyek baik untuk masalah keamanan atau pun pembinaan desa berdampak pelabuhan melalui dana CSR nantinya,” ujar Humaidi Kades Labuan Tereng dikonfirmasi oleh Suara Lombok usai rapat.

Senada dengan hal itu Forum perkumpulan Truck se-Kecamatan Lembar juga berharap janji Pelindo bisa direalisasikan segera tidak hanya pemanis saja. “Kami siap membackup semua kebutuhan jasa angkutan dengan menyiapkan ratusan truck nantinya, berapapun kita siap penuhi dan terlibat penuh,” ujar Lalu Badri perwakilan Perkumplan Truck se kecamatan Lembar yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Ada tiga point janji pihak Pelindo yang mengemuka dalam dialog tersebut yakni, memberikan akses kepada warga desa untuk andil terlibat dalam proyek pembangunan pelabuhan, meminta masyarakat untuk turut menjaga keamanan selama operasional proyek berjalan, serta berjanji akan memberikan bantuan dana talangan CSR untuk kepentingan masyarakat saat terjadi bencana atau musibah atau dialokasikan untuk pembangunan infrastruktur desa  kedepan. (04)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.