Piye

Menurut Penelitian, Puasa Ramadhan Bisa Membuat Awet Muda

Menurut Penelitian, Puasa Ramadhan Bisa Membuat Awet Muda
SuaraLombok.com | Mataram - Sudah banyak penelitian yang menunjukkan berbagai manfaat yang bisa kita dapatkan bagi kesehatan tubuh dengan melakukan puasa di bulan suci Ramadhan. Penelitian terbaru bahkan menunjukkan fakta dimana melakukan ibadah puasa ini bisa membuat kita awet muda. Bagaimana hal ini bisa terjadi?

Dalam penelitian yang dilakukan oleh Duke University ini, setidaknya ada 220 orang dengan usia rata-rata 38 tahun yang dilibatkan. Semua partisipan ini memiliki berat badan yang sehat dan ideal. 145 orang diantaranya diminta untuk mengkonsumsi kalori harian yang dibatasi hingga 25 persen dan sisanya dibiarkan untuk mengkonsumsi makanan harian dengan porsi yang seperti biasa. Para partisipan juga dicek kondisi fungsi jantungnya, sistem metabolisme pada tubuh, kondisi paru-paru, ginjal, hingga sistem kekebalan tubuhnya. Dari berbagai pengecekan kesehatan tersebut, didapatkanlah usia biologis atau usia internal pada peserta.

Dr. Daniel Belsky, penulis utama dari penelitian ini, menyebutkan bahwa setelah para partisipan melakukan pola makan tersebut dalam 12 bulan, diketahui bahwa partisipan yang membatasi asupan makanannya akan mengalami penambahan usia biologis 0,11 tahun saja, sementara itu, mereka yang tetap mengkonsumsi makanan seperti biasa akan mengalami penambahan usia biologis hingga 0,71 tahun.

Menurut dr. Belsky, mengubah pola makan ternyata bisa mengintervensi laju penuaan biologis menjadi lebih lambat. Salah seorang peneliti lainnya, dr. William Kraus, menyebutkan bahwa pembatasan asupan kalori memang bisa memperlambat proses penuaan sehingga bisa berimbas positif bagi kecantikan kita.

Mengingat berpuasa juga akan membuat kita membatasi asupan kalori dengan signifikan dalam waktu yang lama, maka tubuh pun akan memberikan reaksi pada pembatasan asupan kalori ini hingga mampu membuat proses penuaan pada tubuh semakin melambat. Kita pun akan menjadi lebih awet muda karenanya. (09)

Sumber : http://doktersehat.com/menurut-penelitian-puasa-ramadhan-bisa-membuat-awet-muda

Baca juga ;

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.