Piye

KPU Lotim Masih Belum Miliki Kewenangan Masalah Baliho

KPU Lotim Masih Belum Miliki Kewenangan Masalah Baliho
SuaraLombok.com | Lombok Timur - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Lombok Timur hingga saat ini belum miliki kewenangan menangani masalah penertiban masalah pemasangan baliho para kandidat Calon Gubenur maupun Calon Bupati Lotim yang sudah terpasang di wilayah Lotim. Karena proses tahanan Pilkada belum di mulai pelaksanaannya.

"Kalau belum di mulai tahapan Pilkada maka KPU tak ada kewenangan menangani masalah baliho kandidat Cabup maupun Cagub NTB yang sudah terpasang di Lotim," tegas Ketua KPU Lotim, M. Saleh kepada Suara Lombok.

Menurutnya yang memiliki ranah saat ini mengenai masalah pemasangan baliho kandidat calon adalah pemerintah daerah dalam hal ini Badan Pendapatan dan Polisi Pamong Praja selaku penegak Peraturan Daerah (Perda).

Terutama yang berkaitan tentang pajak atau pembayaran retribusi atas pemasangan baliho tersebut tentunya memiliki konsekwensi, kalau aturan itu tidak dijalankan atau taati oleh para kandidat calon maupun relawannya yang melakukan pemasangan.

"Pol PP memiliki kewenangan untuk menurunkan atau menertibkan baliho kandidat calon yang dianggap bermasalah, karena pemasangannya dilakukan secara sembarangan dan tidak pernah bayar pajak," kata Saleh.

Lebih jauh Ketua KPU Lotim ini melihat sangat bagus apabila para kandidat calon terus menerus mensosialisasikan dirinya kepada masyarakat, dengan langsung turun menyapa masyarakat bersama relawannya dan melalui pemasangan baliho di lokasi-lokasi stretegis yang tidak dilarang.

"Silahkan saja para kandidat calon melakukan sosialisasi sepanjang tidak saling serang dan menjatuhkan, karena yang akan rugi adalah mereka sendiri nantinya," pungkasnya. (10)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.