Piye

Jelang Buka Puasa, Penjual Ta'jil Diserbu Pembeli

Jelang Buka Puasa, Penjual Ta'jil Diserbu Pembeli
SuaraLombok.com | NTB - Memasuki hari pertama puasa, para penjual ta'jil di beberapa tempat sudah mulai menggelar dagangannya.

"Biasa lah kalau puasa begini, rame orang belanja pas mau buka (puasa)," ucap Sopiati, salah satu pedagang ta'jil yang mangkal di depan Mapolres Lotim.

Biasanya, memasuki puasa pemerintah akan mengizinkan pedagang menggelar di beberapa lokasi strategis yang sebelumnya merupakan tempat yang dilarang.

"Biasa kami mulai jualan sore, sekitar habis ashar," sambungnya.

Di salah satu sudut kota Mataram, penjual ta'jil terlihat sibuk melayani para pembeli. Semenjak membuka dagangan, terlihat sudah ada puluhan pembeli yang sudah dilayani. Rencananya, para penjual ini akan terus berjualan jelang berbuka puasa sampai bulan ramadhan 1438 H selesai.

"Sukur alhamdulillah mas, jualan lancar, cari rezeki di bulan ramadhan," ujar pedagang bernama Yanti. 

Sementara di Lombok Tengah, penjual ta'jil terpusat di beberapa titik seperti samping Lapangan Muhajirin Praya dan depan Masjid Agung Lombok Tengah.

"Khusus yang di depan Masjid Agung, kami memang sengaja sediakan stand bagi pedagang agar jamaah yang mengaji rutin dipermudah," jelas Kabag Humas Setda Loteng, HL Herdan.

Setiap tahun, pemerintah memberi atensi bagi para penjual. Tidak hanya memperhatikan dan mensupport pedagang dengan menyiapkan lokasi strategis, tetapi juga membantu pengawasan kesehatan dan kebersihan.

"Kami koordinasi dengan BPOM melalui dinas Koperasi dan UKM serta Dinas Kesehatan agar masyarakat juga tidak was-was," jelasnya.

Pantauan #SuaraLombok , menu ta'jil yang dijajakan penjual beragam, mulai dari kolek, kurma, es teh, dan lain-lain. Termasuk ragam makanan pokok seperti nasi bungkus. (Team)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.