Piye

Jangan Salah, Minum Kopi Justru Bisa Bikin Ngantuk

Jangan Salah, Minum Kopi Justru Bisa Bikin Ngantuk
SuaraLombok.com | Mataram - Cukup banyak orang yang setelah bangun pagi atau bahkan hingga menjelang waktu makan siang merasa tidak bertenaga, lesu, dan lemas. Tubuh yang terasa capek ini bisa disebabkan oleh rasa lelah karena padatnya aktifitas yang dilakukan beberapa hari terakhir. Tak hanya itu, kurang tidur atau adanya masalah yang membebani pikiran juga bisa menyebabkan hal ini. Jika kita membiarkannya, maka dikhawatirkan kita tidak akan produktif untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan.

Cukup banyak orang yang memilih untuk mengkonsumsi kopi demi mengatasi rasa lemas, lesu, dan mengantuk tersebut. Dengan meminum kopi, diharapkan tubuh dan pikiran akan terbangun sehingga kita pun akan lebih berenergi dan lebih baik dalam berkonsentrasi untuk menyelesaikan berbagai macam aktivitas. Sayangnya, menurut pakar kesehatan, kita sebaiknya tidak sembarangan meminum kopi karena bisa jadi kita akan mengantuk setelah meminumnya. Kok bisa?

Pakar kesehatan menyebutkan bahwa meminum kopi di pagi hari memang bisa memicu rangsangan pada hormon kortisol dan adrenalin di dalam tubuh. Kedua hormon ini diyakini bisa membuat kita lebih bertenaga dan tak lagi mengantuk. Sayangnya, jika kita mengkonsumsi kopi sepanjang hari dengan berlebihan, bukannya tubuh akan tetap berenergi, kita justru akan lebih mudah mengantuk dan merasa lesu. Hal ini disebabkan oleh terkurasnya kedua hormon ini di dalam tubuh yang akhirnya membuat kita kelelahan sepanjang hari.

Melihat adanya fakta ini, ada baiknya memang kita tidak mengkonsumsi kopi secara berlebihan. Meminum kopi boleh-boleh saja asalkan sebaiknya kita batasi menjadi hanya sekitar satu cangkir per hari. Sebaliknya, ada baiknya kita mencukupi kebutuhan air putih sebanyak delapan gelas setiap hari agar tubuh terasa lebih bugar dan fit. (03)

Sumber : http://doktersehat.com/jangan-salah-minum-kopi-justru-bisa-bikin-ngantuk-lho

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.