Piye

Ini Caranya Jika Ingin Mengajarkan Anak Puasa Untuk Pertama Kali

Ini Caranya Jika Ingin Mengajarkan Anak Puasa Untuk Pertama Kali
SuaraLombok.com | Mataram - Agar anak terbiasa untuk melakukan ibadah puasa, ada baiknya kita mengajari mereka untuk melakukannya sejak dini. Pakar kesehatan menyebutkan bahwa saat anak berusia 4 atau 5 tahun, mereka sudah bisa diajari untuk berpuasa. Apa sajakah cara yang bisa kita lakukan untuk mengajari anak berpuasa?

Pakar psikologi anak Roslina Verauli menyebutkan bahwa saat usia balita, anak-anak masih dalam fase meniru dan mencoba apapun yang Ia lihat, khususnya yang dilakukan oleh orang tuanya. Karena alasan inilah, mereka juga biasanya akan tertarik untuk berpuasa layaknya yang orang tuanya lakukan. Hanya saja, karena usia mereka yang masih sangat muda, ada baiknya kita tidak memaksakan mereka untuk harus menuntaskan puasanya satu hari penuh. Jika di tengah hari mereka sudah ingin makan atau minum, maka kita bisa segera memberikan mereka makanan atau minuman.

Menurut Roslina, anak-anak memang cenderung penasaran dengan semua yang dilakukan oleh orang tuanya sejak dini. Sebagai contoh, anak akan ikut orang tuanya beribadah solat lima waktu, berbuka puasa, hingga ikut bangun saat jam sahur. Jika anak ingin ikut kegiatan-kegiatan tersebut, berikan respon atau jawaban yang tepat sehingga anak bisa mengerti apa yang orang tua lakukan dan tujuan dari melakukan dari hal tersebut.

Sebelum anak melampaui usia 5 tahun, mereka biasanya hanya mengerti maksud dari puasa hanya untuk tidak makan atau minum. Berbeda dengan anak dengan usia yang lebih tua layaknya pada usia 6 atau 7 tahun yang sudah berusaha mengerti apa maksud dari melakukan ibadah puasa ini. Hal ini berarti, saat usia anak sebelum 5 tahun, biarkan mereka ikut puasa, namun jangan larang mereka andai sudah merasa haus atau lapar. Jika kita melarang mereka untuk berbuka di siang hari, bisa jadi mereka justru akan menganggap puasa sebagai hal yang kurang menyenangkan dan kita justru akan sulit untuk mengajarkan ibadah ini pada mereka di kemudian hari.

Setelah usianya lebih besar, anak yang sudah mengerti makna dari berpuasa biasanya akan mau melakukan ibadah ini sesuai dengan keinginannya sendiri sehingga mereka pun bisa kuat untuk melakukannya seharian. (03)

Sumber : http://doktersehat.com/ini-caranya-jika-ingin-mengajarkan-anak-puasa-untuk-pertama-kali

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.