Piye

Calon Wasit NTB Diseleksi Ketat

Calon Wasit NTB Diseleksi Ketat
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Lebih 80 orang wasit berlisensi se NTB jalani seleksi teori dan praktek di Dmax Hotel dan Lapangan Bundar Praya.

Sebagai bentuk keseriusan, Koordinator Wasit Nasional Zuprihatin dihadirkan untuk menyeleksi para wasit untuk dipersiapkan menghadapi Liga 3, Suratin dan U17 yang akan berlangsung usai lebaran nanti.

Ketua Panpel Liga 3 Regional NTB L. Pathul Bahri mengatakan, seluruh wasit yang sudah berlisensi wajib mengikuti penyegaran baik dilapangan maupun didalam ruangan. Mereka nanti akan memimpin pertandingan yang diikuti oleh tim-tim atau club se NTB. "Disnilah mereka diseleksi, siapa yang layak memimpin atau tidak" ungkapnya.

Sementara itu Zuprihatin koordinator Wasit Liga 1 mengatakan para wasit yang akan memimpin pertandingan Liga 3, Suratin dan U17 nanti harus lolos dari seleksi. Jika tidak lolos, tidak berhak menjadi wasit saat pertandingan berlangsung.

Kegiatan ini juga menjadi ajang pembuktian keprofesionalitas seorang wasit. Mereka akan diuji kemampuannya memimpin sebab hal ini juga menjadi bagian dari penilaian untuk menaikkan gradenya ke level nasional.

"Untuk menjadi wasit nasional tak mudah, seleksinya ketat" ungkapnya saat memipin penyegaran wasit di Lapangan Bundar Praya.

Dia menilai, secara fisik wasit wasit di NTB cukup bagus, hanya saja tidak hanya soal fisik semata namun juga memahami aturan mainnya.

"Saya melihat fisik fisiknya cukup bagus, cuma memang fasilitas dan sarprasnya yang belum memadai, ini saja tidak ada lintasan, harusnya ada untuk uji fisik wasit" ungkapnya. (09)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.