Piye

TGB : Website & Medsos SKPD Harus Terus Update Dan Menarik

TGB : Website & Medsos SKPD Harus Terus Update Dan Menarik
SuaraLombok.com | Mataram - Saat memimpin Rapat Pimpinan yang diikuit seluruh Kepala SKPD lingkup Pemprov. NTB, Jum’at (28/04), Gubernur Dr. TGH. M. Zainul Majdi memberikan instruksi khusus kepada para kepala SKPD dan jajarannya untuk terus meningkatkan pelayanan informasi kepada masyarakat melalui teknologi informasi internet dan website yang merupakan situs resmi pemerintah.

Gubernur meminta, Website SKPD yang selama ini tidak aktif dan jarang di-update, agar segera diaktifkan dan mengisinya dengan konten-konten informasi yang bermanfaat bagi masyarakat. SKPD juga diminta aktif dalam penyebarluasan informasi melalu jejaring media sosial seperti facebook, instagram, twitter dan youtube.

Gubernur menekankan, informasi yang dimuat dalam website SKPD maupun media sosial tidak boleh sekedar aktivitas kinerja yang sifatnya administratif atau seremonial. Namun, haruslah informasi kegiatan atau program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Konten website juga disarankan memuat testimoni masyarakat yang merasakan langsung program pembangunan pemerintah. Dari testimoni tersebut, menurut gubernur nantinya akan diperoleh masukan yang bermanfaat bagi perbaikan pelayanan, selain akan membuka ruang interaksi dan partisipasi masyarakat terhadap ikhtiar pembangunan daerah.

“Saya minta cara penyajian di website tersebut lebik interaktif. Ini akan kita evaluasi di setiap Rapat Pimpinan,” ujar Gubernur NTB yang juga dikenal sebagai ulama kharismatik ini.

Untuk meningkatkan pertukaran informasi, Gubernur yang dikenal santun berbicara ini juga meminta jajaran SKPD membuat link atau tautan sub domain dengan website induk dan menautkannya juga dengan media nasional serta website lembaga perwakilan daerah. Link tersebut dinilai akan sangat membantu pemerintah dalam upaya menyebarkan informasi kepada masyarakat, melalui media.

Tak hanya website dan medsos, pengaduan masyarakat pun tak luput dari perhatian orang nomor satu di NTB ini. Gubernur mengatakan selama ini ia banyak mendapat sejumlah aduan yang disampaikan masyarakat, baik melalui SMS maupun media lain. Karena itu, Gubernur meminta kepala SKPD untuk aktif merespon setiap pengaduan, pertanyaan dan saran yang disampaikan masyarakat. Menurut gubernur, aduan maupun aspirasi masyarakat tersebut memang tidak semata-mata harus langsung disetujui, namun pemerintah harus mampu memberikan penjelasan yang baik, sehingga masyarakat bisa memahami dan memaklumi terkait apa yang diadukan.

“Juga diselipkan pesan-pesan yang menyejukkan kepada masyarakat untuk menjaga hasil pembangunan. Sampaikan kepada masyarakat agar memanfaatkan fasilitas-fasilitas publik dengan baik,” tutur Gubernur.

Sementara, terkait pelaksanaan APBD 2017, Gubernur NTB memerintahkah Sekretaris Daerah di bawah asistensi Wakil Gubernur untuk menugaskan para asisten membuat laporan secara utuh, tentang segala kendala dan permasalahan yang dihadapi dalam pelaksanaan program kegiatan pada APBD 2017. Dimana, presentasi serapan anggaran triwulan I baik fisik maupun keuangan dinilai belum mencapai target yang ditetapkan. (02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.