Piye

Pemkab Siapkan 40 Miliar Redam Protes Warga

Pemkab Siapkan 40 Miliar Redam Protes Warga
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Pemerintah Kabupaten Lombok Tengah menyiapkan amggaran fantastis untuk pembebasan lahan pembangunan jalan baru. Sekda Lombok Tengah, H. M. Nursiah mengungkapkan, demi lancarnya pembangunan jalan baru di jalan Jendral Sudirman sepanjang 1,2 km ini, pemerintah menyiapkan anggaran sekitar 40 miliar dari APBD untuk pembebasan lahan.

"Itu nanti appresial yang akan tentukan harga, kita hanya siapkan dana dulu," ungkap Nursiah, Rabu (12/4) usai acara sosialisasi di Pendopo Bupati.

Pembiayaan pembuatan jalan tersebut berasal dari APBN yang akan langsung dikerjakan usai pembebasan lahan. "Jumlah pemilik lahan yang kena imbas sebanyak 90 KK," jelasnya.

Pelebaran ruas jalan tersebut diperuntukkan guna menunjang pembangunan Kota Praya yang saat ini masih berstatus sebagai ibu kota kabupaten, termasuk untuk menunjang perekonomian warga sekitar.

Terkait isu akan ada masyarakat yang akan melayangkan keberatannya, Nursiah mengatakan hal itu merupakan hak masyarakat sendiri. Tetapi dalam kapasitas pembangunan kepentingan umum, seharusnya masyarakat bisa menerima dengan legowo (lapang dada-Red).

"Itulah fungsi sosialisasi ini, kita mau menjunjung tinggi transparansi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat," ungkapnya.

Sekda juga menekankan untuk menghindari gelombang protes dari masyarakat dan pihak lainnya, Pemkab memastikan dalam pelaksanaan proyek ini tidak ada kepentingan sejumlah pihak yang bermain. (09)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.