Piye

Pemda Lobar Promo Terakhir Mekaki Marathon 2017

Pemda Lobar Promo Terakhir Mekaki Marathon 2017
SuaraLombok.com | Lombok Barat -  Sebagai bentuk persiapan dan sosialisasi kegiatan, event organizer BRI Mekaki Marathon 2017 menyelenggarakan konfrensi pers terakhir (21 April 2017) di ibu kota dengan menghadirkan Direktur Utama PT. Bank BRI, Tbk Sis Apik Wijayanto, Asdep Bidang PSPP Kementerian Pariwisata RI Raseno Arya, Direktur PT. Tempo Meiki Sofyan, Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid, dan Direksi PT. Archiss Juria Ambar Haruni, dan Aktor Cicco Jerikho. Konferensi Pers diselenggarakan di Lantai 3 FX Sudirman Senayan itu juga ramai dihadiri oleh beberapa mitra pendukung acara dan puluhan awak media nasional.

Bupati Lombok Barat H Fauzan Khalid  hadir didampingi oleh Kapolres Lobar dan Dandim 1606 Lobar tegas menyampaikan pandangannya sebagai tuan rumah event Olah Raga, bahwa Pemkab Lobar berkewajiban untuk mensukseskan acara tersebut, Ia juga berkeyakinan bahwa event ini akan meninggalkan kesan yang baik bagi para pelari dari luar.

"Ada 3 keunggulan yang bisa didapatkan, yaitu Olah Raga, keindahan alam hutan dan pantai, serta budaya di pemukiman yang akan dilewati para pelari. Para pelari akan melewati pemukiman yang khas dari penduduk suku Sasak yang Muslim dan pemukiman Bali Lombok yang Hindu. Ini tidak ada di daerah-daerah lain yang menyelenggarakan marathon," ujar Fauzan.

Pilihan untuk mempromosikan daerah wisata melalui olah raga sangat diapresiasi oleh Kementerian Pariwisata RI. Apalagi dengan rute yang ada di wilayah Selatan yang bersambung dengan Kawasan Mandalika, promosi melalui olah raga akan semakin memperkuat Sekotong sebagai destinasi selain Senggigi di Pulau Lombok. Hal tersebut disampaikan dengan lugas oleh Asdep PSPP Kemenpar RI Raseno Arya.

"Memperkenalkan olah raga dgn wisata dan mengenalkan wisata dengan olah raga adalah langkah jitu yang dipilih oleh Lombok Barat. Target 15 juta wisatawan Mancanegara dan Puluhan juta Wisatawan Nusantara untuk Tahun 2017 secara nasional bisa tercapai," ujar Seno dengan optimis.

Ketika salah seorang awak media nasional mengkonfirmasi hal tersebut ke Bupati Lombok Barat, Ojan pun menyatakan optimismenya.

"Tahun 2016 lalu saja dari target 500 ribu wisatawan bisa kita capai lebih dari 75. Ribu. Apalagi dengan event ini. Insya Allah saat ini, tidak ada low seasen untuk pariwisata di Lombok Barat," ujar Ojan yang dikenal sederhana ini.

BRI sebagai BUMN Perbankan yang mengelola keuangan untuk usaha kecil pun tertarik membiayai kegiatan ini.

"Mekaki sangat indah. Sebagai Bank terbesar di tanah air, BRI telah banyak terlibat dalam kegiatan seperti ini. Terakhir di Toraja Marathon kemaren," papar Sis Apik Wijayanto.

Sebagai mitra utama, BRI pun menghadirkan aneka produk perbankannya yang bisa menjadi fasilitas mudah bagi para pelari.

Kesiapan pelaksanaan event pertama di Wilayah Selatan Nusa Tenggara Barat ini pun semakin terlihat progresif dengan dukungan Tempo sebagai media terbesar Nusantara. Media ini pun telah biasa membantu daerah-daerah dalam melaksanakan kegiatan, tidak terkecuali Kabupaten Lombok Barat.

Meiki Sofyan sangat mengapresiasi langkah Pemkab Lombok Barat dalam mempromosikan wilayah dengan olah raga.

"Kegiatan ini akan memberi multiplayer effect bagi perekonomian daerah," ujarnya.

Meiki optimis hal tersebut akan berguna secara langsung bagi pengembangan kawasan di tanah air. Event BRI MEKAKI MARATHON 2017 ini disiapkan digelar tanggal 30 April 2017 nanti.

"Dengan promo gencar yang dilakukan oleh DnD Race Management, Archiss, dan pihak Tempo, kuota pelari yang ditargetkan sudah tercapai," ujar Juria Ambar Haruni.

Perempuan yang biasa dipanggil Runi ini berkeyakinan keindahan Mekaki Bay di wilayah ujung selatan Lombok Barat akan dikenal oleh banyak orang. Dengan kepastian akan diikuti oleh beberapa tokoh dan artis nasional, serta 2000 pelari luar dan 5000 pelari dari masyarakat Lombok dan NTB, keindahan Mekaki akan dikenal seantero nusantara.

Setidaknya Menpora RI Imam Nachrowi, Wali Kota Bogor Bima Arya, Ekonom Nasional Faishal Basri, Pengamat Politik Yunarto Wijaya telah memastikan ikut dalam event ini mengikuti jejak para artis penggemar olah raga.

Selain Cicco Jerikho pelakon tokoh Ben dalam Film Filosofi Kopi, Wulan Guritno, Julia Estelle, Shalom Razade, Lukman Sardi, dan sutradara kondang Robby Ertanto terdaftar untuk ikut lari dan menikmati indahnya alam Sekotong di penghujung bulan April ini. (Hms Lbr)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.