Piye

Menhub Pastikan Ijin Reklamasi Gili Mas Terbit Pekan Depan

Menhub Pastikan Ijin Reklamasi Gili Mas Terbit Pekan Depan
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Dikunjungi Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Proyek Pembangunan Pelabuhan Gili Mas Lembar Lombok NTB mendapatkan angin segar, pasalnya ijin reklamasi Gili Mas dipastikan awal pekan depan Senin (03/04), akan ia tanda tangani.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam kunjungan kerja ke Pelabuhan Lembar, Lombok, NTB menegaskan, sebaliknya dari kunjungan kerjanya dari NTB, dirinya akan langsung menandatangani surat ijin reklamasi pelabuhan Gili Mas dan proyek tersebut sudah bisa dikerjakan.

"Senin ini saya pastikan menandatangani ijin reklamasinya dan selanjutnya proyek sudah bisa dikerjakan. Namun pihak Pelindo harus bisa selesaikan cruise tahun 2018 dan untuk countener saya targetkan selesai 2019." Tegasnya Sabtu (01/04).

Lanjut Budi, Kita percepat perijinan ini karena melihat beberapa faktor diantaranya, hadirnya Pelabuhan Gili Mas Lembar diharapkan dapat menopang kemampuan pengangkutan barang dan orang, Sebab Pelabuhan Lembar yang ada saat ini tidak dapat menampung kapasitas barang dan fasilitas lainnya, Karena sejauh ini, ia mendapatkan laporan, Ketika Lombok kedatangan Wisatawan (turis) yang menggunakan cruise harus menggunakan sekoci untuk sampai ke darat, hal ini disebabkan karena Pelabuhan Lembar hanya memiliki kedalaman laut 7 meter sehingga cruise tidak dapat menyandar di dermaga.

"Kapal roll on roll off (RORO) panjangnya lebih dari 100 meter, Tidak bisa masuk sini. Cruise juga panjangnya 300 meter dan tidak dapat bersandar ke sini karena draftnya itu 10 meter lebih," tandasnya. (01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.