Piye

Luhut Pesan TGB : Warga Lokal Harus Terserap Maksimal Di Mandalika

Luhut Pesan TGB : Warga Lokal Harus Terserap Maksimal Di Mandalika
SuaraLombok.com Mataram - Ada pesan penting yang disampaikan Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dalam kunjungan kerja satu harinya di Kawasan Mandalika Lombok Tengah dan saat menghadiri acara Musyawarah Nasional 1 Perhimpunan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia di Kawasan Wisata Senggigi pada hari yang sama Sabtu (01/04).
 
Kepada Gubernur NTB, TGH. M. Zainul Majdi, Menko Luhut berpesan bahwa Kawasan KEK Mandalika harus terus menggeliat dan berkelanjutan pembangunannya termasuk dengan lebih mengedepankan Lokal-sentris untuk mengisi SDM di kawasan Pariwisata eksklusif tersebut nantinya.

“Jangan selesai sampai disini saja, kedepan kita ingin pegawai di kawasan KEK Mandalika ini nantinya juga banyak putra-putri dari sini. Nanti Pulau Lombok yang begini kaya itu harus juga orang Lombok sendiri yang menikmatinya, jangan jadi orang lain lah,” ujar Luhut Binsar Panjaitan dalam sambutannya.

Selain itu Luhut juga berpesan agar pemerintah daerah kedepan fokus pada upaya memajukan industri lokal berikut peningkatan kualitas SDM melalui pendidikan sebagai bagian dari upaya untuk meningkatkan daya saing warga NTB saat kawasan pariwisatanya sudah maju pesat nantinya.

“Banyak produk pertanian dan hasil kerajinan home industri disini yang bisa dijual di kawasan ini, misalnya sayur, telur, ayam dan juga sentra usaha kecil cinderamata, itu harus diberdayakan yang nantinya bisa dijual ke industry restoran dan perhotelan disini nanti” lanjutnya.

Pengembangan KEK Mandalika sendiri menjadi kawasan Ekonomi Kreatif oleh pemerintah pusat menurut Luhut merupakan bagian dari konsep pemerataan Pembangunan di seluruh daerah sebagai bentuk implementasi strategi pembangunan pemerintah Indonesia yang tumbuh merata dan berkeadilan di seluruh wilayah dan tidak terkonsentrasi hanya di pulau Jawa saja.
     
“Strategi kita tidak lagi Jawa-sentris tapi Indonesia-sentris sehingga pertumbuhan di luar Jawa menjadi penting sebagai bagian dari itu, Negeri ini mau kita bikin bagus atau tidak tergantung kita” pungkas Luhut di sela sela acara Musyawarah nasional 1 Perhimpunan Ikatan Alumni Perguruan Tinggi Negeri Indonesia. (02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.