Piye

Kodim 1620/WB Bongkar Penyalur TKI Gelap di LIA

Kodim 1620/WB Bongkar Penyalur TKI Gelap di LIA
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Upaya pengiriman Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) illegal digagalkan Aparat TNI dari Kodim 1620/WB Lombok Tengah dengan mengamankan salah satu oknum security Gapura Angkasa Pura 1 LIA bernama Fazri saat hendak membantu TKI berangkat keluar negeri tujuan Malaysia melalui Lombok Internasional Airport (LIA). 

"Tadi saya dapat laporan sekitar jam 11.45 Wita," terang Dandim 1620/WB, Letkol Inf. Is Abul Rashi. 

Adapun kronologis penangkapan, sekitar pukul 11.30 wita di pintu cek in Lombok Internasional Airport Praya Loteng, tiga orang CTKI Ilegal telah digagalkan keberangkatannya menuju Malaysia.

Para CTKI tersebut adalah  Sahrun, (42) dari Perendekan Lobar, Hasbullah Wahab (39) dari Sakra Lotim, dan Sapri (28) yang juga berasal dari Sakra Lotim.

"Setelah dilakukan pemeriksaan, ternyata diketahui kalau ketiga orang CTKI tersebut memiliki Kartu Tenaga Kerja Luar Negeri (KTKLN) yang sudah habis masa berlakunya," sambungnya.

Dari keterangan Fazri sendiri, pihaknya mengetahui kalau yang bersangkutan menerima imbalan sebesar Rp 300.000 per orang dengan perjanjian pemberangkatan ke Malaysia berhasil. Fazri juga mengaku bahwa dirinya mengetahui bahwa KTKLN ketiga CTKI tersebut sudah mati.

“Jika dikalkulasikan saudara Fazri menerima imbalan sejumlah Rp. 900.000 dari tiga orang tersebut untuk membantu cek in,” bebernya.

Saat ini lanjutnya, sekitar Pukul 12.35 Wita Fazri dan ketiga CTKI dibawa ke Makodim untuk diteruskan ke Tim Saber Pungli.

“Ternyata setelah dilakukan pemeriksaan, suadara Fazri masih memiliki hubungan keluarga dengan saudara M. Tohri yang sebelumnya, ditangkap di BIL dalam kasus yang sama beberapa waktu lalu,” ungkapnya. (09)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.