Piye

Kades Bagik Payung Ancam Gugat PT AMG

Kades Bagik Payung Ancam Gugat PT AMG
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Kepala Desa Bagik Payung, L.Muhir mengancam akan mengugat Perusahaan Terbatas (PT) Anugerah Mitra Graha (AMG) yang akan melakukan kegiatan penambangan pasir besi di lahan tanah pecatu milik Desa Bagik Payung berlokasi di Kelurahan Ijobalit, Kecamatan Labuhan Haji.

"Saya tidak main-main akan mengugat PT AMG kalau tidak memiliki itikad baik dalam kasus tanah pecatu Desa yang dijadikan lokasi tambang pasir besi tersebut," tegas Muhir kepada awak media di kantor Camat Aikmel, Rabu (19/4).

Menurutnya apapun alasannya saat ini lahan tanah pecatu seluas 1,4 hektar itu secara sah milik aset Desa Bagik Payung setelah adanya penyerahan kembali tanah pecatu kepada desa induk. Sehingga tidak ada kewenangan dari pemerintah daerah untuk melakukn pengambilalihan lahan dengan tujuan untuk penambangan pasir oleh PT AMG.

Karena seharusnya kalau ingin memanfaatkan tanah pecatu Desa Bagik Payung, maka hendaknya pihak PT AMG melakukan komunikasi dengan pihak desa Bagik Payung, bukan dengan pemerintah daerah.

"Yang memiliki kuasa atas tanah pecatu itu adalah dirinya sebagai Kades, bukan Bupati atau yang lainnya,sehingga kalau nantinya PT AMG memaksa untuk melakukan aktivitas maka sudah barang tentu akan melarangnya," kata Kades Bagek Payung.

Sementara ditempat terpisah pimpinan Cabang PT AMG, Satrawan saat dikonfirmasi mengatakan pihaknya belum melakukan aktivitas tambang pasir di wilayah Ijobalit, akan tapi masih dalam persiapan saja.

Begitu juga mengenai masalah tanah pecatu milik Desa Bagik Payung yang bagian dari lokasi penambangan nantinya tentu akan dikomunikasikan dengan pihak Desa Bagek Payung.

"Saya akan komunikasi dengan Kades Bagek Payung mengenai masalah tanah pecatu tersebut, karena penambangan belum di mulai," ujar Satrawan singkat. (10)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.