Piye

IPEMI Diminta Terus Kembangkan UMKM

SuaraLombok.com | Mataram - perempuan memegang peranan penting dalam kemajuan bangsa dan daerah. Salah satu bentuk peran perempuan adalah mengelola Usaha Kecil Menenagh (UKM). Sehingga, tidak heran pemasukan negara termasuk daerah kita itu sebagian besar dibantu oleh UKM-UKM yang kebanyakan dikelola oleh kaum perempuan. Peran ini juga dapat dijadikan ikhtiar untuk membangun kemandirian perempuan muslimah dalam berwirausaha.

“Saya berharap kepada seluruh pengurus IPEMI wilayah dan daerah yang hari ini telah dilantik dan dikukuhkan untuk terus memperbanyak kontribusi yang nyata kepada pemerintah melalui peningkatan kegiatan UKM,” Ungkap Wakil Ketua I TP PKK Provinsi NTB, Hj. Syamsiah M. Amin saat Pelantikan  pengurus wilayah dan pengukuhan pengurus daerah Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia (IPEMI) Provinsi dan Kabupaten Kota se-NTB di Pendopo Gubernur NTB, Sabtu (29/4)).

Menurut Hj. Syamsiah, saat ini, di tengah pemerintah sedang giat-giatnya mempromosikan pariwisata, dukungan dan ikhtiar kaum perempuan selalu dibutuhkan. Dengan demikian, peningkatan kualitas produk UKM oleh perempuan akan mendorong peningkatan pemasukan daerah.

Istri Wakil Gubernur NTB ini juga berharap kepada pengurus wilayah dan daerah Kabupaten Kota se-NTB  nantinya  dapat menjalankan tugas dengan baik dan bisa menjadi perpanjangan tangan pemerintah, membantu program-program kerja yang dilaksanakan baik oleh pemerintah provinsi maupun kabupaten kota.

“Dengan munculnya organisasi ini di daerah kita, saya berharap kita semua terus berkarya dan berkreasi. Sebagai seorang muslimah kita bergerak selaras dengan pemerintah untuk mengembangkan kemandirian perempuan muslimah di daerah kita melalui program kerja yang berkualitas,” jelasnya.

Ikatan Pengusaha Muslimah Indonesia, adalah organisasi kemasyarakatan yang dibentuk dan didirikan pada tanggal 21 April 2015 adalah organisasi wanita yang bertujuan untuk meningkatkan peran dan kontribusi Pengusaha Muslimah dalam pemberdayaan ekonomi masyarakat, menuju kemandirian ekonomi yang berkepribadian Indonesia dan berakhlakul karimah.

Organisasi ini juga dibentuk untuk membantu pengembangan usaha-usaha para Muslimah, sehingga dapat terus berkembang dan berkontribusi dalam pembangunan nasional.

IPEMI yang lahir dari kelompok majlis ta'lim ini anggotanya terdiri dari tiga golongan yaitu, Muslimah yang sudah jadi pengusaha, muslimah yang ingin jadi pengusaha dan muslimah yang ingin mendapat tambahan penghasilan. Kami menampung muslimah yang semangat untuk berusaha dan membantu meningkatkan penghasilan keluarga.

Alhamdulillah, dalam perkembangannya, program-program kerja IPEMI sudah mulai diterima dan disambut gembira oleh pemerintah pusat. Ipemi pun sudah banyak bekerjasama dengan beberapa kementerian RI. Walau pun IPEMI baru berusia 2 tahun tapi kami sudah punya media bernama majalah "ibadah" yang memuat tentang gaya hidup muslim, ekonomi syariah dan semua kegiatan Ipemi yang dilaksanakan oleh di pusat maupun didaerah.,” ungkap Sekretaris Jenderal Ipemi Pusat, Ir. Nurwahidah Saleh yang melantik pengurus wilayah Ipemi Provinsi NTB.

Mewakili Gubernur NTB, Sekretaris Daerah provinsi NTB, Ir. Rosiyadi H. Sayuti, M.Sc., Ph. D mengucapkan selamat atas telah dilantiknya pengurus wilayah dan dikukuhkannya pengurus daerah IPEMI Provinsi dan  Kabupaten Kota se-NTB. “Kami dari jajaran pemerintah mengucapkan terimakasih kepada seluruh pengurus Ipemi Pusat yang telah menginisiasi dan memberi motivasi ibu-ibu kami di NTB untuk menjadi pengusaha, baik yang baru belajar menjadi pengusaha ataupun yang telah menjadi pengusaha dan ingin melebarkan kesuksesannya. Semoga melalui ipemi ini ibu-ibu mendapat inspirasi dan motivasi untuk membantu menambah penghasilan suami dalam hal peningkatan kesejahteraan keluarga,” ujarnya. (02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.