Piye

HAB 28 Narapidana Kerja Bhakti di Masjid Agung Praya

HAB 28 Narapidana Kerja Bhakti di Masjid Agung Praya
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Sebanyak 28 orang Narapidana dari Lapas Kelas II B Praya dilepas di Masjid Agung Lombok Tengah. Kepala Lapas L. Jumaidi menjelaskan, hadirnya penghuni Lapas di Masjid Agung Lombok Tengah untuk kerja bhakti.

"Ini rangkaian Hari Bhakti Pemasyarakatan (HAB Pas) ke 53," ungkapnya.

Anehnya, para Napi yang mengikuti kegiatan kerja bakti ini tidak dikawal oleh tim pengamanan yang besar. L. Junaidi menjelaskan hal itu karena para Napi yang kerja bakti merupakan Napi yang sudah dipercaya dan mendapat penilaian sangat memuaskan dari dari pihak Lapas.

Dari segi pembinaan sendiri sudah dilakukan dengan sangat baik, mulai dari pembinaan mental hingga spiritual. Sehingga pihak Lapas merasa tidak perlu melakukan pengamanan yang super ketat. Apalagi dalam rangka gotong-royong membersihkan lingkungan Masjid.

"Tidak ada pengamanan yang ketat, karena kami sudah percaya kepada mereka," sambungnya.

Selain rangkaian pembersihan tempat ibadah seperti Masjid Agung, pihaknya melaksanakan rangkaian kegiatan panjang mulai dari pekan olahraga Napi, khatam Al-Qur’an dan penataan lingkungan Lapas.

"Kami se Indonesia akan memecahkan rekor Muri khatam Al-Qur’an untuk Napi serentak 21 April mendatang, nanti puncak HAB Pas itu di tanggal 27 April," jelasnya. 

Sementara itu, Munawar selaku Kepala Sub Registrasi dan Pelayanan Tahanan mengatakan, untuk ke depan, para Napi yang sudah dibina tidak hanya akan melaksanakan kerja bakti seperti ini falam rangkaian HAB saja. Tetapi, ke depan, pihak Lapas kelas II B Praya akan melaksanakan kegiatan semacam ini secara berkesinambungan.

"Kami ingin warga binaan kami bisa berbaur dan berubah dalam segi prilaku, sehingga kami rencananya akan melaksanakan kegiatan semacam ini di pasar-pasar, tempat ibadah dan lainnya tidak hanya pada rangkaian HAB saja, kami masih susun rencana dan jadwal," tandasnya. (09)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.