Piye

Poktan Bakong, Kapitan Gotong Royong Bangun Lantai Jemur

Poktan Bakong, Kapitan Gotong Royong Bangun Lantai Jemur
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Kelompok Tani (Poktan) Bakong Kapitan, Jembatan Kembar, Lembar  terus melakukan inovasi dalam rangka memanfaatkan sumberdaya alam yang melimpah untuk menjaga stabilitas harga hasil pertanian mereka.                  

Setelah sukses dengan program biogas bantuan dari PT Indocement tbk. dan mendapatkan penghargaan di tingkat nasional beberapa tahun yang lalu, kali ini mereka mencoba mensiasati agar hasil pertanian agar tidak anjlok dan mencegah kerugian para petani yang tergabung dalam Kelompok Tani Bakong Kapitan.
                         
Staf Officer CSR PT indocement Terminal Lembar Muhayadi, Menjelaskan, salah satu cara yang epektif menurut pengalaman  anggota Kelompok Tani yakni dengan membangun lantai jemur padi, jagung, kedelai dan hasil pertanian lainnya, Cara semacam ini terbilang cukup ampuh untuk mencegah kerugian para petani, mengingat selama ini kebanyakan para petani menjual hasil pertanian pada saat panen raya sedang melimpah. Sehingga harga menjadi murah karena hasil pertanian para petani sedang panen di semua wilayah.                      

“Dengan di bangunnya lantai jemur ini harapan kedepanya adalah semua hasil pertanian kelompok tani akan di tampung di satu lokasi dan akan di keringkan terlebih dahulu sehingga begitu hasil pertanian yang sudah di keringkan ini keluar dari gudang maka harga gabah dan hasil pertanian lainbya di harapkan  sudah normal kembali, sehingga para petani tersebut akan terhindar dari kerugian yang besar,” jelasnya Rabu (22/3)
       
Muhayad menambahkan, trik atau cara senacam ini merupakan cara jitu mengingat para tengkulak sering sekali memanfaatkan moment tersebut dimana mereka membeli hasil pertanian dengan harga murah namun mereka menjualnya pada saat harga mahal. Rata-rata petani mempunyai gudang serta lantai jemur tersendiri.         
          
Pantauan SuaraLombok menunjukkan anggota Kelompok Tani setempat melakukan aksi gotong-royong sebagai bagian dari upaya menumbuhkan rasa memiliki dengan tanggung jawab bersama. Gotong royong adalah bagian dari merawat tradisi menjaga kebersamaan dalam membangun masyarakat agar lebih maju dan modern.         
                    
Disaat warga lain sudah terlihat mulai malas malasan dengan aktifitas semacam ini, sebaliknya tidak terjadi bagi masyarakat Dusun Bakong Kapitan. Hal ini merupakan pekerjaan yang sudah biasa terlihat, sehingga tidak mengherankan  Kelompok Tani Bakong Kapitan ini paling maju di Kecamatan Lembar, Mengingat higga tahun 2017 ini saja modal kelompok sudah mencapai ratusan juta rupiah. Uang tersebut  merupakan modal bergulir kelompok yang tekhnis dan cara peminjamannya sudah di atur dalam awiq awiq kelompok tani. (hrw/01) 

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.