Piye

Pilkada 2018 : AKAD Pastikan Mengusung Calon Independen

Pilkada 2018 : AKAD Pastikan Mengusung Calon Independen
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Akhir pekan lalu telah dilakukan pertemuan beberapa partai politik yang ada di Lombok Barat (Lobar) guna melakukan pembahasan untuk menyiapkan para kader untuk maju bertanding pada Pilkada di Kabupaten Lombok Barat tahun 2018 mendatang, mengetahui hal tersebut,  Asosiasi Kepala Desa Lobar (AKAD) tidak mau ketinggalan, mereka juga sudah mulai melakukan pertemuan dengan beberapa pengurus dan anggota, guna membahas pilkada mendatang akan memunculkan kandidat melalui jalur Independen.

Ketua AKAD Lobar, Muhammad Zaini saat dikonfirmasi terkait hal tersebut membenarkannya, Hal tersebut kami lakukan setelah kami mengetahui beberapa elit partai politik bersama anggotanya telah melakukan pembahasan terkait kader mereka yang akan bertanding pada perhelatan 5 tahunan tersebut, kami dari Akad Lobar tidak mau ketinggalan, Bahkan ia mengatakan, Akad Lobar tidak tinggal diam, ia bersama anggota akad telah mulai melakukan pembahasan dan siap mengambil ancang - ancang untuk melakukan pertemuan gabungan antara AKAD dengan Forum BPD untuk mencari dan melakukan penjaringan sosok yang pantas untuk diusung nantinya melalui jalur Independen.

"Kami telah melakukan pembahasan terkait penjaringan sosok yang tepat dan pastinya harus memiliki elektabilitas yang kuat untuk memajukan Lobar untuk kami usung melalui jalur Independen," terangnya.

Lanjutnya, Ia juga memaparkan dasar pemikiran AKAD melakukan hal tersebut bukan tanpa alasan, dengan kalkulasi 119 Desa yang ada di Lobar dan sekitar 900 Anggota Forum BPD bukan persoalan sulit untuk mendapatkan KTP penduduk ratusan ribu, jadi bukan hal yang mustahil jika AKAD dan Forum BPD mampu mengusung Balon Cabub dan Cawabup pada Pilkada 2018 mendatang.

“Kami optimis, kandidat Balon cabup dan cawabup kami mampu bersaing melawan Balon dari partai politik tersebut.” Cetusnya.

Zaini juga menyatakan, langkah ini dilakukan oleh AKAD tidak lain untuk mengangkat kembali Marwah Kades. Dimana yang selama ini ia merasa para Kades masih kurang diperhitungkan dalam pembahasan memilih calon pemimpin daerahnya, mungkinkah para elit politik tersebut lupa akan peran Pemerintah Desa yang begitu dekat dan merupakan posisi strategis untuk memuluskan rencana – rencana politik.

“Kami merupakan perpanjangan tangan dari Bupati selaku pimpinan daerah, dan hal tersebut merupakan keuntungan besar karena kami selalu bersentuhan dengan masyarakat dan kami jauh mengenal wilayah kami.” Jelasnya.

Disamping itu, dengan tidak dilibatkannya kami oleh Partai Politik selama ini dalam pembahasan pemula terkait siap yang pantas dan layak memimpin Lobar mendatang,  Kami para kepala Desa merasa para partai Politik sangat – sangat tidak memperhitungkan keberadaan kami, jika diperhatikan, selama ini setiap pesta Demokrasi terjadi para kandidat maupun para tim sukses selalu para Kades menjadi target utama mereka.

"Kami harus berjuang karena kami tidak mau hanya menjadi pion yang dengan mudah untuk memuluskan langkah politik yang tanpa melibatkan kami dalam proses awalnya." tandasnya. (Dni _01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.