Piye

Operasi Bayi Fetus In Fetu Tim Dokter Keluarkan Bakal Janin 400 Gram

Operasi Bayi Fetus In Fetu Tim Dokter Keluarkan Bakal Janin 400 Gram
SuaraLombok.com | Mataram - Pelaksanaan Operasi pengangkatan bakal janin (Fetus-Red) dalam perut Bayi sepuluh bulan bernama Muhammad Abdul Zikri Hakim asal Desa Lekok Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur yang didiagnosa mengidap kelainan bawaan “Fetus in Fetu”  sukses dilakukan oleh Sembilan orang tim Dokter Spesialis RSUD Provinsi NTB, sabtu (25/03).

Operasi dilakukan dengan teknik pembedahan dibagian perut bayi (Laparatomi-red) untuk mengeluarkan benda asing yang berdasarkan hasil USG dan CT Scan adalah janin tidak berkembang yang diduga adalah calon kembaran sang bayi.

Proses operasi berlangsung selama 65 menit dan sukses mengangkat bakal janin bayi MAZ (Muhammad Abdul Zikri-Red) seberat 400 gram yang merupakan janin dengan komposisi organ yang tidak sempurna yang diduga adalah bakal kembaran sang bayi dan berada di dalam perut sang bayi sejak proses tumbuh kembang dari dalam kandungan.

“Hari ini Kita sudah melakukan tindakan laparatomi, yang kita dapatkan adalah cairan dan satu bentuk janin yang tidak lengkap, kepala tidak ada, badan, kaki lengkap, panggulnya ada, tali pusat dan didapati juga bakal dari penis, itu menandakan bayi fetus ini adalah laki laki” terang dr. Budiarta Dokter Spesialis Bedah yang juga menjadi ketua tim medis penanganan bayi MAZ usai pelaksanaan operasi kepada media di depan ruang instalasi bedah sentral RSUD Provinsi NTB.

Lebih jauh Budiarta menjelaskan bahwa kondisi bayi usai menjalani operasi saat ini stabil dan telah berada di ruang ICU RSUP NTB untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut pasca operasi dari Tim medis. 

“Kondisinya masih stabil sejauh ini, dan sudah dipindahkan ke ruang ICU Rumah sakit untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut” ungkapnya.

Meski telah sukses melakukan operasi mengeluarkan bakal janin dari dalam perutnya, menurut Budiarta kondisi bayi saat ini masih tergolong masih labil karena tim medis mendapati bagian limpa dan hati bayi MAZ dalam kondisi bengkak sehingga masih perlu mendapatkan perhatian serius tim medis pasca operasi dilaksanakan. 

“Mudah mudahan tanpa ada masalah dalam operasi, organ organ abdomenya bayi itu bagus, cuman ada masalah pada hati dan limpanya membesar itu akan kita evaluasi dan terus kita pantau perkembangannya” pungkas Budiarta. (02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.