Piye

Masyarakat Klaim Gedung PPSB Loteng Dibangun Pemprov NTB Setengah Hati

Masyarakat Klaim Gedung PPSB Loteng Dibangun Pemprov NTB Setengah Hati
SuaraLombok.com | Lombok Tengah - Sudah hampir beberapa tahun mangkrak, bangunan Pusat Pendidikan dan Sanggar Budaya (PPSB) yang ada di Desa Rembitan Kecamatan Pujut Lombok Tengah masih terbengkalai, padahal diawal pembangunannya, proyek pembangunan yang dikelola pemprov NTB tersebut sempat memicu reaksi protes warga sekitar beserta pemerintah desa setempat, namun kini bangunan tersebut hanya dibiarkan begitu saja seolah tidak terurus, sehingga masyarakat mengklaim bangunan tersebut dibangun setengah hati.

Menanggapi hal ini, Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) NTB, HM Suruji menuturkan, pembangunan gedung tersebut merupakan wewenang dari pemerintah pusat. Dalam hal ini, pihaknya siap mengelola gedung tersebut jika pusat sudah memberikan wewenang.

“Bangunannya belum selesai jadi tidak boleh oper alih. Karena nanti pertanggung jawabannya menjadi tidak jelas,” ujarnya.

Dijelaskannya, pemerintah provinsi akan melakukan revitalisasi jika pemerintah pusat sudah merampungkan pembangunan dan kemudian diserahkan kepada provinsi. Menurutnya, fasilitas seperti ini sangat dibutuhkan.

“Kalau sudah diserahkan maka akan kita revitalisasi. Karena kita sangat butuh fasilitas itu,” ungkapnya.

Sementara terkait permintaan masyarakat desa yang ingin mengambil alih bangunan tersebut, Pemprov tidak bisa mengabulkan begitu saja, dikarenakan bangunan tersebut dikelola oleh pemerintah pusat. Mengingat aturan yang berlaku sejauh ini, jika pemerintah pusat belum menuntaskan sebuah pembangunan, maka tidak boleh diambil alih oleh pihak manapun.

“Langkah tersebut diambil karena dikhawatirkan akan ada tanggung jawab yang tidak utuh nantinya, ketika ada resiko nanti susah siapa yang akan menanggung resikonya.” pungkasnya. (09)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.