Piye

Mantap, RSUD Tripat Gerung Peroleh Predikat WTP

Mantap, RSUD Tripat Gerung Proleh Predikat WTP
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Menjelang Ulang Tahun ke 59 Kabupaten Lombok Barat, Rumah Sakit Umum Daerah Patut Patuh (RSUD Tripat) Gerung memperoleh predikat Wajar Tanpa Pengecualian (WTP). Ini merupakan Kado indah yang diberikan RSUD Kepada daerah, raihan Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dalam pengelolaan keuangan. Ini dilakukan Setelah merubah statusnya menjadi Badan Layanan Umum Daerah dan secara otomatis pengelolaan keuangan RSUD PATUT PATUH PATJU harus mendapat audit eksternal berdasarkan Permendagri No. 61/2007.

Drs. Widartoyo, Ak., M. Si, CPA. CA dari Kantor Akuntan Publik Drs. Thomas, Blasius, Widartoyo dan Rekan, Menyampaikan, Audit tersebut diantaranya adalah sebagai bentuk akuntabilitas publik terhadap pengelolaan keuangan oleh manajemen RSUD TRIPAT dipersembahkan sebagai salah satu bentuk tanggung jawabnya untuk meningkatkan layanan rumah sakit.

"Hasil audit terhadap rumah sakit ini adalah Opini Wajar Tanpa Pengecualian, Ini menandakan performance pengelolaan keuangan rumah sakit ini wajar", paparnya Kamis, (23/03) di ruangan jayengrane Kantor Bupati Lobar.

Lanjut Widartoyo dengan tetap memberikan rekomensasi yang sifatnya meningkatkan status akuntansi dalam manajemen Rumah Sakit tersebut, ada beberapa rekomendasi lebih banyak yang bersifat peningkatan kualitas sumber daya manusia, namun ada juga rekomendasi untuk lebih mengefisiensikan belanja pada pos barang habis pakai yang ada selama tahun anggaran 2016 lalu.

“Pengelolaan keuangan di RSUD Tripat Gerung semakin baik, sesungguhnya 85% sudah dapat membiayai dirinya sendiri dari total belanja rumah sakit di luar Belanja Pegawai.” Tuturnya.

Arif Suryawirawan, plt. Dirut RSUD Memaparkan, Bagi pihak rumah sakit sendiri, raihan WTP ini menjadi prestasi tersendiri dalam mengelola keuangan, dan kami sangat bersukur atas penghargaan tersebut, namun yang perlu diingat, semua ini didapat berkat kerjasama dan kerja keras bersama yang selama ini dilakukan dan selalu membenahi kekurangan yang ada.

“Namun kesuksesan ini kami dapat berkat kekompakan kinerja seluruh jajaran dibawah komando Direktur Utama yang saat ini menjadi Kepala Dinas Sosial, Drg Hj Ni Made Ambaryati.” Ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Lombok Barat, H Fauzan Khalid yang didapuk menerima serifikat WTP tersebut menyampaikan, ucapan terimakasih kepada segenap jajaran RSUD Tripat Gerung yang telah bersama – sama melakukan peningkatan kinerja pelayan kepada masyarakat dan berharap, kepada segenap jajaran untuk terus meningkatkan kinerjanya, jangan karena prestasi bahwa raihan tersebut tidak membuat RSUD Tripat mengurangi kualitas pelayanan dan melakukan pembenahan di beberapa catatan rekomendasi, untuk diperhatikan sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan kualitas ke masyarakat. 

"Namanya orang sakit, jangan kan kita tidak senyum, senyumpun kadang tidak bisa memuaskan harapan orang", pungkasnya. (Dni/01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.