Piye

Kelainan, Bayi Mengandung Janin Dirujuk Ke RSUP NTB

Kelainan, Bayi Mengandung Janin Dirujuk Ke RSUP NTB
SuaraLombok.Com | Mataram - Rumah Sakit Umum Provinsi Nusa Tenggara Barat menerima rujukan seorang bayi laki - laki berusia sepuluh bulan bernama Muhammad Abdalul Zikri Hakim Asal Desa Letok Kecamatan Sakra Kabupaten Lombok Timur diduga mengidap kelainan karena mengandung janin di dalam perutnya.

Zikri dirujuk orang tuanya ditemani anggota tim relawan Kemanusiaan dari Lembaga Kesejahteraan Sosial Anak LKSA, Muchtar dengan diagnosa awal dugaan tumor di bagian perut yang semakin hari semakin membesar dan dikhawatirkan akan beresiko pada kesehatan sang bayi.

“Kami terima laporan dari relawan, katanya anaknya kena tumor di perut, lalu kami rujuk ke RUSP NTB biar bisa tertangani dengan baik” ujar Muchtar Relawan LKSA saat dihubungi via telepon Jum’at petang (17/03).

Dirujuknya pasien Zikri dibenarkan Direktur RSUP NTB Lalu Hamzi Fikri yang menjelaskan pihaknya telah mendapat rujukan pasien bayi usia 10 bulan asal RSUD dr Soedjono Selong Kabupaten Lombok Timur pada 11 Maret  lalu dengan status BPJS Mandiri. 

Berdasarkan pemeriksaan awal (observasi) tim medis rumah sakit yang melibatkan dokter spesialis bedah dan dokter spesialis anak, diketahui perut pasien dalam kondisi kembung dengan diagnosis awal pasien menderita gangguan pada usus. Namun hasil CT scan pada tanggal 15 maret menunjukkan adanya pengumpulan cairan pada rongga perut dan adanya massa atau benda asing dalam perut pasien. 

“Ada massa atau benda asing dalam perutnya, tapi Kita butuh obesrvasi lanjutan untuk memastikan benda asing itu berupa janin atau tidak, yang jelas kondisinya tidak bergerak atau tidak hidup” Ungkapnya dihadapan media Jumat sore (17/03).

Keterangan tersebut juga diamini oleh Wadir RSUP NTB Bidang Pelayanan dan Operasional dr. Agus Rusdi yang menyebutkan adanya kemungkinan bayi Zikri mengidap kelainan bawaan yang dalam dunia medis dinamakan Fetus in fetu  yakni tumbuhnya janin lain dalam tubuh bayi saudara kembarnya yang merupakan fenomena langka terjadi, dan biasanya terjadi pada bayi perempuan.

“Kami masih akan mengobservasi lebih lanjut untuk menentukan langkah berikutnya, kesimpulan sementara ada mass dalam perut yang dalam hasil CT scan mirip janin, tapi masih harus diperjelas lagi kita tidak mau gegabah” imbuhnya.

Pantauan SuaraLombok.com saat ini bayi malang Zikri telah menjalani rawat inap di salah satu Blok Ruang Rawat Anak di RSUP NTB untuk memudahkan observasi dan penanganan lebih lanjut oleh tim medis terkait tindakan rencana operasi untuk mengangkat janin dalam perut sang bayi agar bisa tumbuh normal dan sehat seperti bayi pada umumnya. (02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.