Piye

Gubernur NTB : GLOBAL HUB Bandar Kayangan Salah Satu Prioritas Pembangunan di NTB

Gubernur NTB : GLOBAL HUB Bandar Kayangan Salah Satu Prioritas Pembangunan di NTB
SuaraLombok.com | Jakarta - Meski belum menjadi prioritas utama pemerintah pusat yakni Presiden RI Joko Widodo dalam rapat terbatas dengan Gubernur NTB Dr. TGH. Zainul Majdi beberapa waktu lalu, para inisiator Global Hub kayangan di pusat dan di daerah terus berikhtiar dan mematangkan agar menjadi salah satu agenda kebijakan nasional kedepan.

Promosi Global Hub kayangan sebagai salah satu peluang investasi gemilang kembali dimunculkan Gubernur NTB dalam Forum Invstasi yang dilaksanakan di Grand Ballroom Westin Hotel Jakarta, Jumat (03/03) yang dihadiri Menteri ATR/ BPN Sopian Jalil, sejumlah pejabat kementrian, sederet politisi asal NTB, serta para calon investor yang tertarik dengan Global hub.

Gubernur NTB Dr. TGH. M. Zainul Majdi dalam forum tersebut menyatakan realisasi pembangunan Global Hub Bandar Kayangan merupakan salah satu obesesi besar dari sederet rencana pembangunan di NTB dan kedepan yang menjadi prioritas, dan semestinya mendapat dukungan pemerintah pusat dan daerah, termasuk keseriusan investor untuk menanamkan modalnya.

Dalam kesempatan tersebut Dr. Son Diamar tim Inisiator Global Hub Bandar Kayangan yang ditunjuk Gubernur  NTB dan Bupati KLU, melaporkan persiapan dan progress Global Hub hingga awal tahun ini yang menunjukan spirit maksimal untuk segera merealisasikan pembangunan Pelabuhan di Kabupaten Lombok Utara, yang rencananya menjadi bagian dari progres pembangunan Tol laut gagasan Kepala Negara tersebut. Tim inisiator juga mengenalkan pola P4 yakni Public-Private-People-partnership dalam proses pembangunan mega proyek ini.

Mewakili Menko Kemaritiman, Deputy SDA Dan Jasa Agung Kuswandono menyambut baik dan akan mensupport total perwujudan Global Hub sebagai pelecut pertumbuhan kawasan Indonesia Timur dengan CIQP standart ISPS Code yang akan menjadi ICON Indonesia nantinya. Karenanya banyak hal harus segera dipersiapkan baik regulasi, perencanaan canggih, infrastruktur pendukung, layanan perizinan yang bermutu, insentif bagi investor, termasuk mempersiapkan masyarakat untuk beradaptasi dengan trend dan peluang yang akan terjadi.

Senda dengan Menko Kemaritiman, Sofyan Jalil, menteri ATR / BPN juga menyatakan akan membantu pemerintah daerah, investor dan masyarakat khususnya dalam proses pembangunan Global Hub ini agar bisa menciptakan kegiatan ekonomi yang berkeadilan dan mensejahterakan masyarakat serta memberikan kepastian investasi bagi para penanam modal.

Dukungan percepatan realisasi Global Hub di NTB juga disuarakan sejumlah tokoh seperti anggota DPRRI Dapil NTB Dr Kurtubi yang berjanji akan all out berjuang untuk Global Hub yang berintegrasi sebagai lokasi pembangunan kilang minyak untuk mensupport kebutuhan wilayah Indonesia Tengah dan Timur layaknya Rotherdam Port di Belanda.

Hal tersebut juga diamini Wakil Ketua DPR RI asal NTB Fahri Hamzah yang mendukung penuh disegerakannya pembangunan Global Hub di NTB sejalan dengan konsep pembangunan Indonesia saat ini yang bergerak ke timur dan tidak lagi Jawa sentris, dengan konsep Pulau Lombok ke depan sebagai Pulau Jasa dan Pulau Sumbawa sebagai kawasan industri berat. (02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.