Piye

Enam Tkw Asal Lotim Ditahan Gunakan Jalur Ilegal

Enam Tkw Asal Lotim Ditahan Gunakan Jalur Ilegal
SuaraLombok.com | Lombok Timur - Enam orang Tenaga Kerja Wanita (TKW - Red) asal Kabupaten Lombok Timur diamankan petugas Polres Lombok Tengah saat hendak berangkat keluar negeri tujuan Abu Dhabi menggunakan jalur tidak resmi (jalur perseorangan) dari Bandara Lombok Internasional Air Port (LIA), Praya Lombok Tengah, Rabu (29/03).

Informasi tersebut diamini pihak Dinas Tenaga Kerja Dan Transmigrasi Kabupaten Lombok Timur yang membenarkan enam TKW tersebut kini telah diamankan di Mapolres Lombok Tengah untuk dimintai keterangan soal keberangkatan mereka keluar negeri.

“Yang jelas kami sudah menerima laporan masalah enam TKW yang diamankan di LIA tersebut dan saat ini sedang berproses di Polres Loteng," ungkap Kepala Dinas Tenaga dan Transmigrasi Kabupaten Lombok Timur Andika Istuwijaya dikonfirmasi SuaraLombok.com di kantornya Kamis (30/03).

Lebih jauh Andika membeberkan kalau informasi yang diperolehnya sangat minim tentang keenam TKW tersebut, namun jika merunut para proses pemberangkatan mereka jelas menyalahi aturan karena harus berangkat keluar negeri menggunakan jalur perseorangan terlebih Abu Dhabi tujuan para TKW tersebut merupakan negara yang masuk dalam daftar moratorium TKI.

“Empat orang asal Wanasaba, Sikur dan Terara masing masing satu orang, mereka tidak tahu ada moratorium TKI ke Abu Dhabi, saat ini BP3TKI sedang melacak siapa yang memberangkatkan mereka” lanjutnya.

Terkai kasus ini Andika menduga para TKW tersebut menjadi korban percaloan TKI yang memanfaatkan ketidaktahuan mereka terkait prosedur yang ada hanya untuk meraup keuntungan sebanyak banyaknya.

"Mereka ini merupakan korban dari ulah para calo TKI yang mencari keuntungan yang sebanyak-banyaknya" pungkasnya. (10)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.