Piye

Empat Desa Jadi Proyek PerpuSeru

Empat Desa Jadi Proyek PerpuSeru
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Lombok Barat (DKPD Lobar), tengah berupaya menggaungkan gemar membaca lewat perpustakaan.

Plt.Kepala Dinas KPD Lobar HM Yamil membeberkan tujuannya kali ini untuk bisa menularkan predikat tersebut kepada perpustakaan ditingkat desa sehingga Kamis (2/3), Dinas KPD Lobar tergerak menggelar Sosialisasi Program PerpuSeru yang dilangsungkan di Aula Kantor Dinas tersebut. Pesertanya sebanyak 24 orang dari 4 desa, masing-masing Desa Sandik, Golong, Jembatan Kembar dan Kediri Selatan.

“Keempat desa ini kita harapkan jadi pilot project PerpuSeru atau Perpustakaan Seru di tingkat desa,” paparnya.

Menurut H. Yamil, secara permanen, ke 4 desa yang melibatkan peserta masing-masing 6 orang ini, nantinya akan diberikan fasilitas komputer. Jika harapan ini sudah baik dan ada hasil, selanjutnya akan menjadi sebuah program replikasi dengan melibatkan Coca Cola Foundation Indonesia (CCFI) sebagai inisiator dan fasilitator.

Dikatakan Yamil, tidak menutup kemungkinan, tahun-tahun berikutnya, secara bergiliran, desa-desa/kelurahan lain pun akan mendapatkan quota bantuan dan fasilitas program.

Untuk itu, lanjut Yamil, demi kemajuan perpustakaan, pihaknya akan mengembangkan kemudahan masyarakat dalam mengakses perpustakaan melalui desa. Pengembangan ini termasuk pengembangan melalui sarana internet. Bahkan sebelumnya ia juga mengusulkan 10 desa sesuai jumlah Kecamatan yang ada sebagai peserta replikasi.

“Namun yang siap hanya empat desa yang sekarang ikut sosialisasi ini,” tandasnya.

Harapannya, para peserta ini juga diminta komitmennya untuk mau mengembangkan desanya menjadi Desa Percontohan Perpustakaan untuk semua desa, sementara yang 4 desa tersebut nantinya, akan ada pelatihan-pelatihan masyarakat untuk mengakses internet. (01)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.