Piye

BAZNAS Lobar Santuni Ribuan Mustahik

BAZNAS Lobar Santuni Ribuan Mustahik
SuaraLombok.com | Lombok Barat - Badan Amil Zakat Infaq dan Sadakah (Baznas) Kabupaten Lombok Barat (Lobar) menyalurkan Zakat Infak dan Sadakah Pegawai Negeri Sipil dan Guru Pemerintah Daerah Lobar di Bencingah Agung Rabu (1/3).

Acara pentasyarufan ini diberikan langsung secara simbolis oleh Bupati Lombok Barat H. Fauzan Khalid. Turut hadir dalam acara tersebut Ketua Baznas Provinsi NTB TGH Munajib, Ketua Baznas Lobar TGH Muhlis Ibrahim, tokoh agama, tokoh masyarakat, Pimpinan SKPD dan para Kepala Desa dan Kepala Dusun lingkup Kabupaten Lobar.

Bupati Lobar H Fauzan Khalid Memaparkan bahwa pentasyarufan Zakat, Infak dan Sedekah oleh Baznas Lobar kepada para Mustahik tersebut bersumber dari sumbangan PNS dan Guru yang ada di Lobar. terkait sumber - sumber zakat harus terus digali dan tidak hanya terpusat lingkup PNS dan Guru saja. Banyak sumber - sumber lain seperti anggota DPRD, Kepala Desa, usaha perhotelan, pedagang dan zakat pertanian.

"Untuk mewujudkan ini semua, saya akan melakukan pembicaraan dan koordinasi langsung dengan yang terkait." ujarnya

Lebih jauh Fauzan mengatakan tujuan dari pentasyarufan ini adalah untuk mengurangi angka kemiskinan di Lobar yang telah mencapai angka 17 persen.

Sementara itu Ketua Baznas Lobar TGH Muhlis Ibrahim dalam sambutannya mengatakan. Untuk periode awal di tahun 2017 ini Baznas mencairkan dana sejumlah Rp 1,188 miliar. Dana ini di berikan bagi 2630 orang yang diperuntukkan bagi fakir miskin 2440 orang, Muallaf 100 orang, biaya pendidikan sarjana S1 15 orang, S2 5 orang, S3 2 orang, masjid 30 buah dan mushalla 30 buah.

Baznas Lobar juga mendistribusikan uang Rp 100 juta dana BMT untuk masing - masing kecamatan di empat Kecamatan yaitu Kecamatan Gerung, Kediri, Narmada dan Gunung Sari.

"Dana pinjaman BMT diberikan tanpa  bunga pinjaman. Dana ini di gelontorkan untuk mencegah sistim riba dari bank - bank Shubuh,"pungkasnya. (Hms Lb)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.