Piye

Wow..Jumlah Penderita Gizi Buruk di Lotim Capai 112 Orang

Wow..Jumlah Penderita Gizi Buruk di Lotim Capai 112 Orang
SuaraLombok.Com | Lombok Timur - Jumlah penderita gizi buruk di Kabupaten Lombok Timur tahun 2016 mencapai sebanyak 112 orang. Namun begitu semua penderita saat ini sudah membaik setelah diberikan perhatian yang khusus dalam penanganannya.

Sementara untuk awal tahun 2017 ini Dinas Kesehatan Lotim belum menerima laporan dari Puskesmas mengenai masalah penderita gizi buruk, namun tetap dilakukan pendataan di lapangan dengan memanfaatkan kader yang ada.

Kepala Dinas Kesehatan Lotim, Drg Asrul Sani mengatakan, penderita gizi buruk di Lotim tahun 2016 mencapai ratusan orang dengan umu rata-rata dibawah 10 tahun. "Memang diakui kalau semua penderita gizi buruk yang telah ditangani kondisinya sudah membaik, kalaupun ada yang masih perlu penanganan tetap diberikan sampai sembuh," katanya. 

Asrul Sani menegaskan kebanyakan para penderita gizi buruk yang ditangani itu adalah mereka yang menjadi korban perceraian orang tuanya, ditinggal pergi ke Malaysia, maupun kurangnya perhatian orang tua. Kemudian dalam pengasuhannya diberikan kepada neneknya, kemudian ditambah lagi dengan asupan gizi yang kurang, sehingga menyebabkan terjadinya gizi buruk. 

"Yang jelas timbulnya penyakit gizi buruk ini dikarenakan pola asuh yang kurang," tegasnya. 

Kepala Dinas Kesehatan Lotim juga menyampaikan, dari ratusan penderita gizi buruk di Lotim, satu orang terpaksa dirujuk ke Jakarta karena mengalami penyakit gangguan lain. (06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.