Piye

Waspada Pohon Tumbang, BPBD Lakukan Pendataan Ulang

Waspada Pohon Tumbang, BPBD Lakukan Pendataan Ulang
SuaraLombok.Com | Lombok Tengah - Khawatir kecolongan terkena musibah pohon tumbang lagi, BPBD Loteng berencana melakukan pendataan beberapa pohon tua di Loteng.

Sekretaris BPBD Loteng, Chairil Ishak mengatakan, angin kencang yang melanda Loteng akhir-akhir ini membuat pihaknya khawatir akan terjadinya bencana alam. Terutama di dalam Kota Praya.

“Kita akan segera lakukan pendataan pohon tua dan besar untuk segera melakukan penebangan bersama Dinas terkait lainnya,” ungkap Chairil di ruang kerja sementaranya, Selasa (7/2).

Pihaknya sejauh ini sudah melakukan koordinasi bersama Dinas PU dalam hal ini Bidang Cipta Karya yang membidangi masalah penebangan pohon dan lain sebagainya.

Walhasil, untuk masalah pohon tua ini akan segera diselesaikan dalam waktu dekat. “Kita akan mulai aksi Insya Allah setelah beberapa persoalan bencana kita tangani dulu,” imbuhnya.

Menurutnya, beberapa pohon terutama di dalam Kota sudah harus didata dan dikondisikan agar tidak berbahaya.

Pasalnya, menurut data yang sudah ada di BPBD selama ini, angin kencang biasanya akan menumbangkan pohon besar dan berpotensi merubuhkan rumah warga.

“Kita akan prioritas yang ada di seputaran pemukiman warga dan sepanjang jalan,” tandasnya.

Sementara itu, data yang didapat SuaraLombok.Com dari Stasiun Metereologi dan Geofisika Lombok Internasional Airport (LIA), kekuatan angin yang terjadi antara tanggal 7 hingga 9 Februari ini mencapai sembilan knot atau setara 31,6 kilometer perjam.

Prakirawan Statemet LIA, Kadek Setya Wati menjelaskan, kekuatan angin ini berpotensi besar untuk menumbangkan beberapa jenis pohon karena termasuk angin yang kencang.

“Kami imbau agar warga berhati-hati saja sampai kondisi cuaca normal,” singkatnya. (09)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.