Piye

Waspada Banjir, Hujan Diprediksi Berlanjut Hingga Tiga Hari

Waspada Banjir, Hujan Diprediksi Berlanjut Hingga Tiga Hari
SuaraLombok.Com | Lombok Tengah - Warga NTB patut waspada banjir saat ini. Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Lombok Internasional Airport (LIA) memprediksi hujan akan terus berlanjut sampai tiga hari kedepan. 

Prakirawan Stamet LIA, Joko menjelaskan, hujan akan terus mengguyur NTB sampai tiga hari kedepan dengan curah hujan sedang hingga tinggi. "Ada peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Lombok dan bagian barat Sumbawa," jelasnya.

Analisa dari satelit dan analisa data, kondisi ini terjadi akibat kondisi fisis dan dinamika atmosfer yang terdapat pada pusat tekanan rendah di sebelah barat laut Australia sebesar 1.000 hPa. Selain itu, di daratan Australia bagian barat dan utara sebesar 1.006 hPa dan 1.003 h Pa. "Ini cukup tinggi untuk tekanan rendah sehingga curah hujan juga tinggi," sambungnya.

Terlebih di NTB, terdapat palung tekanan rendah di Selatan NTB yang menyebabkan terbentuknya daerah konvergensi atau pertemuan angin di wilayah Selatan NTB. "Suhu muka laut (SST) di sekitar NTB cukup hangat antara 280 – 29 0C, dengan anomali SST sekitar -1.00 s/d + 0.50 C," jelasnya.

Kondisi ini ikut memancing reaksi badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Lombok Tengah. Sekretaris BPBD Loteng yang sekaligus sebagai Plt Kaban mengatakan, kondisi cuaca saat ini memang tidak bisa diprediksi dengan tepat. Pasalnya,  kondisi alam sangat menentukan cuaca. 

Hanya saja, jika melihat prediksi BMKG sejak beberapa waktu belakangan ini, pihaknya sudah menyiapkan skenario terburuk untuk menghadapi kemungkinan terburuk yang akan terjadi akibat cuaca ekstrem di Lombok Tengah pada khususnya.

"Kami sudah bersiap, semua personel kami minta untuk siaga bencana. Sekarang kami masih mendata dari Masing-masing kecamatan kalau ada bencana yang terjadi sejak kemarin lusa, " ungkapnya.

Hingga berita ini diturunkan, BPBD loteng masih belum menerima laporan adanya bencana dari masing-masing kecamatan. (09)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.