Piye

Puluhan Hektar Tanaman Padi Terendam Banjir

SuaraLombok.Com | Lombok Timur – Banjir yang melanda Desa Sukadamai, Kecamatan Jerowaru Kabupaten Lombok Timur tak hanya merendam rumah warga. Setidaknya, puluhan hektar tanaman padi warga rusak akibat banjir tersebut.

Kepala Desa Sukadamai, Badrin yang dikonfirmasi Jumat (3/2) menegaskan jumlah lahan pertanian masyarakat yang terendam banjir mencapai luas 40 hektar. Parahnya, lahan yang terendam itu sudah terisi tanaman padi yang sudah berumur cukup tua. 

Dari 40 hektar lahan pertanian yang terendam itu, sebanyak 15 hektar mengalami kerusakan yang cukup parah. Atas kondisi itu, pihaknya sudah melaporkan hal tersebut ke Dinas Pertanian maupun petugas lapangan yang ada. 

"Dari 40 Hektar lahan pertanian warga yang terendam, yang rusak parah seluas 15 hektar dan sudah di tanami padi," tegasnya.

Sampai dengan saat ini, kata dia, lahan pertanian itu masih digenangi air. Sehingga tanaman padi yang sudah mulai tumbuh tidak terlihat dengan tingginya air yang menggenai lahan tersebut. Bahkan tidak itu saja tanaman padi itu banyak patah dihantam air yang terus masuk ke areal persawahan.

"Dengan kondisi lahan pertanian saat ini masyarakat khawatir akan gagal panen, meski para petani sudah berbuat untuk mengurangi air yang masuk akan tapi masih belum mampu mengatasinya," ujar Badrin. (06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.