Piye

Pemerintah Perlu Bina Bakat Seni Budaya di Setiap Lingkungan

Pemerintah Perlu Bina Bakat Seni Budaya di Setiap Lingkungan
SuaraLombok.Com Mataram - Minat terhadap budaya dan seni dirasa semakin menurun. Kemajuan teknologi secara perlahan mulai mengikis keberadaan seni dan budaya leluhur. Sebab itu perlu adanya penggalian potensi serta penyediaan wadah untuk pengembangannya.

Seperti yang diungkapkan Kepala lingkungan Batu Dawe Kelurahan Tanjung Karang, I Komang Sumantra. Selain masalah sarana prasarana dan ekonomi, pemerintah juga perlu memperhatikan keberlangsungan seni dan budaya.

Menurutnya, mengacu pada program daerah yang memprioritaskan pariwisata, maka seni dan budaya memiliki peran di dalamnya. Seni dan budaya juga memberi dampak besar pada perekonomian masyarakat, khususnya masyarakat kecil.

“Pemerintah harus mendongkrak potensi yang ada di kelurahan. Khususnya di lingkungan-lingkungan,” tegasnya, Kamis (9/2).

Ia menuturkan, banyak potensi yang harus dibina. Di kelurahan Tanjung Karang terdapat beberapa kelompok seni budaya. Seperti seni budaya Gendang Beleq, Bale Ganjur hingga seni Kelentang atau semacam gamelan.

“Dulu ada di Lingkungan Bangsal tapi sekarang sudah mati suri,” akunya.

Kesenian Kelentang dulunya dikelola oleh pemuda setempat. Mereka bahkan memiliki wadah yang bernama Teruna - Teruni. Namun hal ini tidak berjalan lancar dan bahkan mati suri.

Komang mengatakan, mati surinya kesenian Kelentang disebabkan faktor kemajuan jaman. Kemajuan teknologi membuat generasi muda cenderung menghabiskan waktu pada teknologi. Sehingga keberadaan kesenian tradisional pun perlahan mulai terkikis.

Tak hanya itu, beberapa stakeholder seperti Dinas Kebudayaan dan Pariwisata masih kurang memberikan perhatian terhadap hal ini. Setidaknya Disbudpar memberikan perhatian dasar, yakni berupa data basic tentang potensi yang harus dikembangkan.

“Wadahnya sudah ada, tinggal bagaimana didorong,” pungkasnya.

Ia berharap, pemerintah melalui instansi terkait memberikan pembinaan intensif. Para generasi penerus harus diingatkan untuk melestarikan seni dan budaya leluhur. Mereka harus dipacu untuk menggeluti bidang ini.

“Pemerintah harus lebih perhatian pada hal ini,” tandasnya. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.