Piye

Najmul Bakal Tindak Tegas Oknum PNS OTT Pungli

Najmul Bakal Tindak Tegas Oknum PNS OTT Pungli
SuaraLombok.Com | Lombok Utara - Kasus pungli di Senaru mendapat respon keras dari Bupati Lombok Utara, Najmul Akhyar. Ia mengaku mendukung terkait pemberantasan tersebut.

‘’Jika mereka melakukan pemungutan tanpa ada aturan, tangkap saja. Apalagi dia PNS,” ujarnya, Selasa (7/2).

Menurutnya, pihaknya akan memanggil Disbudpar KLU dan Kesbangpol untuk membicarakan persoalan ini. Ia pun tak akan segan mengambil tindakan tegas dengan memproses oknum yang notabene berstatus honorer maupun PNS.

‘’Yang jelas kita akan tindak lanjuti sesuai aturan yang belaku, dalam waktu dekat saya akan panggil,” jelasnya.

Mengenai PNS tersebut akan dipecat atau tidak, Najmul tidak bisa memastikan. Pasalnya ada aturan PP nomor 53 tentang pegawai negeri sipil mengenai pelanggaran maupun sanksi yang akan diberikan.

‘’Tergantung nanti dilihat dari kesalahannya, kan ada teguran dulu. Tapi saya kira proses hukum lanjut terus,” katanya.

Sebagai PNS yang bertugas melayani masyarakat, ia menyayangkan di Lombok Utara masih terdapat oknum pegawai yang melakukan tindakan tidak terpuji itu. Apalagi, hal ini dilakukan di kawasan pariwisata yang merupakan sumber potensi daerah guna mengeruk pendapatan.

Diketahui, terdapat enam orang yang ditangkap dalam OTT saber pungli pada Minggu (5/2) sekitar pukul 16.30 wita lalu. Diantaranya RM (PNS Disbudpar KLU), SH, MA, dan BO yang berstatus sebagai pegawai honorer Disbudpar KLU, MI berstatus non PNS, dan RSM pegawai linmas desa setempat. 

Dalam OTT itu berhasil diamankan uang dengan total Rp. 3.219.000, khusus pelaku berinisial RM sudah ditetapkan sebagai tersangka. Sementara sisanya masih ditetapkan sebagai saksi. Hanya saja, proses penyidikan saat ini masih berjalan dan bukan tidak mungkin terdapat tersangka lain. 

‘’Kemarin kita sudah lakukan koordinasi dengan kejaksaan untuk penetapan status. RM sudah dijadikan tersangka dan pengembangan masih berjalan,” ungkap ketua pelaksana saber pungli KLU sekaligus Wakapolres KLU, Kompol Teuku Ardiansyah.(08)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.