Piye

Matangkan Usia Pernikahan, P3APP Libatkan Semua Stakeholder

Matangkan Usia Pernikahan, P3APP Libatkan Semua Stakeholder
SuaraLombok.Com | Mataram - Pemprov NTB kembali gaungkan pendewasaan usia nikah. Hal ini sebagai upaya untuk menekan angka pernikahan usia dini di NTB.

Berbagai terobosan serta inovasi pun terus dilakukan. Salah satunya melalui pendidikan pranikah. Hal ini sebagai upaya struktural dan edukasi menuju pendewasaan usia pernikahan, dan peningkatan kualitas tumbuh kembang anak.

Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (P3APP) NTB, Hj Hartinah mengatakan sedang berkonsultasi dengan Wagub NTB terkait hal ini.

Hartinah bermaksud mengonsultasikan pelaksanaan program tersebut di lapangan. Selain itu juga menggalang dukungan dari berbagai kalangan untuk penyelenggaraan program pendewasaan usia perkawinan di NTB.

Menurut Hartina, program tersebut akan dilaksanakan terintegrasi dengan melibatkan Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi, BKKBN, Kementerian Agama, tokoh agama, tokoh adat serta LSM.

“Pendewasaan usia perkawinan dapat ditempuh melalui pendewasaan ilmu, ekonomi dan sosial. Hal ini juga tidak cukup bagi yang belum menikah. Hal ini juga berlaku kepada pasangan yang sudah menikah dini, agar tidak terjadi perceraian,” jelasnya, Jum’at (3/2)..

Terpisah, Wagub NTB H Moh Amin  meminta program ini dilaksanakan tepat sasaran, efektif dan efisien. Ibaan Ia mendukung keterlibatan semua pihak untuk menyukseskan program tersebut.

Libatkan semua pihak sehingga program yang ada saling memperkuat. Rumuskan dengan baik agar pelaksanaannya nanti lancar,” pintanya.

Amin  juga menyampaikan agar setiap tugas dilaksanakan dengan disiplin, rapi dan tepat waktu. “Kalau prinsip ini kita laksanakan, maka Insya Allah kerja kita akan sukses,” pungkas Amin.(10)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.