Piye

Kunjungan Kapal Pesiar Tumbuhkan Potensi Ekonomi Daerah

Kunjungan Kapal Pesiar Tumbuhkan Potensi Ekonomi Daerah
SuaraLombok.Com Lombok Barat - Mulai bergairahnya tingkat kunjungan Wisatawan mancanegara ke Lombok dengan kunjungan kapal Pesiar asal luar negeri menjadi trend positif mendongkrak nilai pendapatan dan kontribusi ekonomi bagi daerah.  

''Terhitung sejak Januari hingga Desember 2016 lalu 14 kapal pesiar telah masuk melalui Pelabuhan Lembar NTB dengan membawa sekitar 20 ribu turis mancanegara, ini membuktikan bahwa Lombok masih menjadi tujuan favorit kunjungan '' kata General Manajer Pelindo III Baharuddin saat ditemui Suara Lombok di kantornya Kamis (9/2).

Dalam rangka meningkatkan pelayanan Pelindo III terus melakukan pengembangan pelabuhan berbasis wisata, khususnya pada pelabuhan yang menjadi favorit kunjungan kapal pesiar, karena hal tersebut merupakan komitmen dalam mendukung pemerintah untuk mengembangkan pariwisata Indonesia ke depan.

Keseriusan pihak Pelindo III tersebut dibuktikan dengan pengembangan Terminal Cruise di Lombok yang saat ini sedang dilakukan dengan pembangunan pelabuhan bagi Kapal pesiar baru di kawasan Gili Mas Lembar.

"Target kita sih 2017 ini 28 kapal pesiar yang akan singgah di Pelabuhan lembar ini, kita juga sedang membangun Terminal Cruise di Gili Mas" lanjut Baharudin.

Pembangunan sudah mulai dilakukan dan perijinan telah dipenuhi, tahapan pembangunannya sudah mendapatkan terbitnya Rencana Induk Pelabuhan (RIP) dari Kementrian Perhubungan.

Menurut data yang berhasil dihimpun, kunjungan kapal pesiar di lingkungan kerja Pelindo III, hingga paruh 2016, tercatat sebanyak 46 unit kapal pesiar dengan berat mencapai 2.721.597 Gross Tonnage (GT) yang membawa penumpang sekitar 55.586 turis manca negara. Hal tersebut merujuk pada Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 121 Tahun 2015, tentang pemberian kemudahan bagi wisatawan, dengan menggunakan Kapal Pesiar (cruise ship) Berbendera Asing, yakni kapal pesiar berbendera asing dapat mengangkut wisatawan di pelabuhan dalam negeri untuk berwisata. 

“Kedepan kita akan all out untuk  memberikan pelayanan maksimal bagi mereka” pungkasnya. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.