Piye

Kreatif, Abdurrahman Sulap Eks Galian C jadi Taman Baca

Kreatif, Abdurrahman Sulap Eks Galian C jadi Taman Baca
SuaraLombok.Com | Lombok Tengah - Eks galian C di Desa Karang Sidemen disulap menjadi taman baca oleh Ustad Abdurrahman. Ia mengatakan, taman baca ini berdiri atas dasar keprihatinannya terhadap daerah dan dunia pendidikan.

Abdurrahman mengatakan, struktur tanah eks galian C sangat membahayakan anak-anak sekitar yang hanya sekedar bermain di lokasi. Sehingga, ia berinisiatif membeli lahan itu dan dijadikan taman baca. Ia memberi nama taman baca 99 syifaul qulub.

“Daripada berbahaya, dan anak-anak juga kebetulan senang baca di sini,” ungkap pria jebolan Ponpes Al-Ishlahuddiny, Kediri, Lobar ini.

Abdurrahman mengaku, ia tidak memiliki izin mendirikan taman baca ini. Sebab, ia tidak memiliki ambisi menjadikan taman baca yang ia dirikan di lahan pribadi ini sebagai lahan mencari uang.

Untuk mengurus izin di daerah butuh biaya yang tidak sedikit sehingga ia merasa tidak perlu mengurus izin. Ia beranggapan bahwa taman baca pribadi ini hanya berorientasi amal ibadah dan bukan seperti yayasan kebanyakan.

Lebih jauh Abdurrahman mengatakan, tujuan lain membangun taman baca ini untuk bisa menggaet minat pemuda sekitar agar memiliki kegiatan lain yang lebih bermanfaat.

Sehingga, ia juga menjadikan taman baca ini sebagai tempat kumpul anak muda sekitar yang langsung menjadi pengasuh dan pembina bagi anak-anak usia sekolah yang biasa membaca di lokasi ini.

“Koleksi buku kami pribadi, Alhamdulillah rata-rata bernuansa Islami,” sambut dia.

Ditanya dana penopang setelah taman baca ini terbentuk, Abdurrahman mengaku membuat beberapa usaha di dalam area, seperti editing foto, fotokopi hingga menjual pakaian. Untungnya dikembalikan ke taman baca dan untuk sekedar menggaji para pemuda yang membantunya mengurus taman baca dan TPQ ini.

“Anak-anak di sini kreatif sebenarnya, hanya perlu dorongan kuat,” tukasnya. (09)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.