Piye

Jelang UNBK, MAN Gerung Mulai Rutin Lakukan Pengayaan

SuaraLombok.com | Lombok Barat - MAN Gerung mulai mantapkan persiapan UNBK. Salah satunya dengan rutin melakukan pengayaan agar siswa benar-benar mantap mengikuti UNBK nantinya.

Kepala MAN Gerung H.Abdul Ajis Farodi MPd menjelaskan, kegiatan pengayaan ini akan ditargetkan selama tiga bulan, dengan lima rombongan belajar. Pengayaan nanti akan  didampingi oleh lima orang guru setiap jam reguler, diatas jam tiga sesuai ketentuan, hingga sampai jam lima sore.

''pengayaan nanti kami percayakan pada guru inti, umtuk mendampingi mulai jam 3 sore sampai jam 5 sore,''terangnya.

Program kegiatan ini diusulkan oleh satuan dalam internal sekolah,  yang bertujuan memberikan penguatan kepada siswa menghadapi UNBK, sebagai salah satu upaya, bagaimana anak mampu menyelesaikan secara akuntabel dan transparan menyajikan tugas dan kewajibannya,tegasnya.

Dia mengatakan, jumlah pesertanya sebanyak 159 orang, dengan menggunakan tiga jurusan yang dibagi antara lain, jurusan IPA, IPS dan jurusan Bahasa.

''Shift pertama kami atur 55, sif dua 50 dan sif ketiga 54 orang,''ungkapnya.

Lebih lanjut H. Abdul Ajis memaparkan, pengayaan sekarang ini tidak lagi merujuk seperti jam reguler akan tetapi lebih kepada kajian soal dan analisis kepada butir butir soal, sekaligus membahas indikator dari kisi kisi soal yang ada, yang akan dilakukan oleh guru pada soal soal yang sudah pernah berjalan tiga tahun terakhir yang akan dieksplor kepada siswa untuk ditelaah secara mendalam untuk dibahas, sehingga dari soal itu akan muncul materi yang sesuai dengan isi soal yang akan diunkan.

''sekolah yang akan menyediakn kajian soal, dan soal tersebut sudah diktat dan akan dibagikan ke anak.

Setelah pengayaan kata dia, pihaknya akan melakukan efaluasi yang silakukan oleh guru untuk melihat perkbangan hasil pencapaian anak dikelas dalam tahap uji coba secara internal disekolah.

'' Output kegiatan nanti bisa dilihat dari selama kegiatan pengayaan itu sendiri.

Baru baru ini kita bisa melihat pada hasil ujicoba pertama diminggu kedua, hanya mampu meraih 4,50, namun setelah uji coba terakhir, terlihat perkembangan anak dari satu mata pelajaran, itu hasilnya bisa mencapai 5,60. Itu sudah terlihat jelas terjadi peningkatan.

''secara internal, uji coba akan dlakukan lima paket, dan itu akan dipastikan tetap meningkat,''ujarnya.

Diharapkan dalam menghadapi simulasi, Insya Allah pada akhir bulan Februari, akan ada lagi simulasi UNBK dengan sistem aplikasi, sehingga anak akan mudah memberikan jawaban terhadap soal yang ada, tandasnya. ( 07 )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.