Piye

Inovatif, BPJS Sediakan Layanan Pemeriksaan Riwayat Kesehatan Via Handphone

Inovatif, BPJS Sediakan Layanan Pemeriksaan Riwayat Kesehatan Via Handphone
SuaraLombok.Com | Mataram - BPJS Kesehatan meluncurkan layanan mobile screening pada aplikasi BPJS Kesehatan mobile. Hal ini merupakan salah satu cara meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mengelola resiko penyakit kronis sejak dini. Seperti penyakit Diabetes Melitus, hipertensi, ginjal kronik, dan jantung koroner.

Kepala BPJS Cabang Mataram Muhammad Ali menuturkan, ini merupakan penambahan fitur di aplikasi BPJS Mobile. Sebelumnya peserta JKN-KIS hanya dapat melakukan screening riwayat kesehatan secara manual, di kantor cabang atau fasilitas kemitraan BPJS Kesehatan. Namun sekarang lebih mudah dengan akses handpohone. “Pasien cukup melakukan skrining riwayat kesehatan pada aplikasi BPJS di handphone,” ujarnya, Rabu (1/2).

Peserta BPJS Kesehatan dapat mengunduh aplikasi ini di Google Playstore dan melakukan registrasi. Setelah terdaftar, peserta dapat memilih menu screening riwayat kesehatan. Dalam menu tersebut, peserta diminta untuk menjawab 47 pertanyaan. 

Pertanyaan dimulai dari kebiasaan dan aktivitas sehari-hari, penyakit yang pernah diidap, riwayat penyakit dalam keluarga, hingga pola makan peserta. Usai menjawab seluruh pertanyaan maka peserta akan langsung memperoleh hasil screening riwayat kesehatan saat itu juga.

Sepanjang 2016 lalu, BPJS Kesehatan telah melakukan screening riwayat kesehatan pada peserta JKN-KIS seluruh Indonesia. Hasilnya, sebanyak 702.944 peserta menderita Diabetes beresiko rendah, 36.225 peserta beresiko sedang, dan 651 peserta beresiko tinggi. Untuk hipertensi sebanyak 632.760 resiko rendah, 104.967 resiko sedang, dan 2.093 resiko tinggi.

Sementara untuk ginjal kronik sebanyak 715.682 peserta beresiko rendah, 23.307 beresiko sedang, dan 831 beresiko tinggi. Jantung koroner sebanyak 680.172 peserta resiko rendah, 57.692 resiko sedang, dan 1.956 resiko tinggi.

“Dengan fitur ini, kami berharap peserta JKN-KIS lebih sadar untuk melakukan pemeriksaan riwayat kesehatan, Semakin dini maka semakin cepat upaya pengelolaan resiko,” imbuhnya.

Ali menambahkan, selain untuk screening riwayat kesehatan, aplikasi BPJS Mobile bisa digunakan untuk mengecek status kepesertaan, melihat tagihan iuran JKN-KIS, lokasi fasilitas kesehatan, dan lainnya. (10)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.