Piye

Drainase Buruk, Penyebab Banjir di Labuapi

Suaralombok.com | Lombok Barat - Banjir melanda tiga desa di Kecamatan Labuapi Lombok Barat. Ke tiga desa itu antara lain, Desa Terong Tawah, Desa Perampuan dan Desa Kuranji Dalang. Kuat dugaan, selain tingginya curah hujan, banjir juga disebabkan oleh buruknya drainase yang ada di kawasan itu.

Camat Labuapi, M. Fauzi yang turun langsung mengecek kondisi warga yang terkena banjir, Kamis (2/2) mengakui ketiga Desa tersebut memang sudah menjadi langganan banjir tiap tahun. Tak segan-segan, Fauzi mengatakan

penyebab utama terjadinya banjir, adalah buruknya saluran drainase.

Selain itu juga, lemahnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah turut menjadi salah satu penyebab banjir yang cepat membesar. Selain karena saluran drainase buruk dan sampah, banjir juga di sebabkan karena debit air yang meluap karena hujan yang turun terus menerus selama tiga hari berturut-turut.

Untuk mengantisipasi terjadinya banjir, pihak kecamatan sudah berkoordinasi dengan dinas terkait, yakni dengan Dinas PU, Balai Wilayah Sungai dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Lombok Barat. Rencananya di hari ini akan dilakukan pendataan oleh dinas PU dan BPBD. “Mana-mana yang parah akan dilakukan perbaikan, mana yang nanti akan di buatkan tanggul,” ujarnya.

Menurut data dari pihak Kecamatan Labuapi,  desa yang terparah dilanda banjir, yakni Desa Perempuan sekitar 400 KK terendam air, Desa Terong Tawah sekitar 300 KK dan Desa kuranji Dalang, sebanyak 150 KK, Selain rumah milik warga, sebanyak 75 Hektar lahan pertanian terkena dampak banjir. (05 )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.