Piye

Dituding Biang Banjir, Ini Jawaban Pihak ITDC

Dituding Biang Banjir, Ini Jawaban Pihak ITDC
SuaraLombok.Com | Lombok Tengah - Dituding sebagai salah satu penyebab terjadinya banjir, pihak ITDC akhirnya angkat bicara.

Bagian hukum dan penyelesaian sengketa lahan PT Indosensia Tourism Development Corporation (ITDC), Lanang Bratasuta menegaskan, banjir di Wilayah Selatan Loteng bukan disebabkan oleh proyek yang sedang dikerjakan pihaknya.

Malah sebaliknya, proyek yang sedang dikerjakan sebenarnya adalah salah satu upaya pihaknya untuk mengurangi dampak banjir yang terjadi di wilayah itu.

"Kami sedang mengerjakan drainase, tetapi karena belum selesai, maka banjir itu masih belum bisa diatasi," ungkapnya.

Dia menambahkan, jika berbicara tentang masalah ini, pihaknya memiliki ahli yang pastinya sudah memikirkan hal ini secara menyeluruh.

Ia memastikan, pihaknya tidak mungkin menginginkan masyarakat setempat menjadi korban proyek.

"Tidak mungkin kami menginginkan masyarakat jadi korban, malah kami ingin mengebut penyelesaiannya agar masyarakat bisa menikmatinya," tambah Lanang.

Ia menambahkan, akibat tersebut aktifitas proyek pembangunan jalan menjadi terhambat. Saat ini pengerjaan proyek pembangunan jalan masih dalam tahap penimbunan. Air yang berlebihan dapat menggangu ketebalan tanah.

“Pasti terganggu dengan banjir ini," keluhnya.

Ditambahkan, atas kendala yang terjadi pihaknya saat ini tengah mencari solusi yang bisa mengatasi kendala di lapangan.

Upaya yang sudah dilakukan pihaknya hanya sebatas membuat sodetan-sodetan kecil dengan bantuan dari masyarakat sekitar. Hal ini diupayakan untuk memperlancar aliran air sehingga tidak menyebabkan genangan bahkan banjir.

“Mulai kemarin kami malah bekerjasama dengan warga sudah membuat sodetan kecil agar air bisa mengalir ke lagoon,” ujarnya.

Meski begitu, masih timbul kekhawatiran bahwa air laut akan pasang yang bisa menyebabkan banjir menjadi tambah parah.(09)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.