Piye

Dispora Lobar Tengah Susun Renstra Pembangunan

SuaraLombok.com | Lombok Barat- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) merupakan salah satu SKPD baru di Lombok Barat. SKPD bentukan baru ini, berprospek  menangani masalah kepemudaan dan olahraga.

Kepala Dispora H.Ilham menyebutkan, pada tahap awal ini pihaknya tengah melakukan konsolidasi. Hal ini tentu dengan menyusun visi dan misi dinas, yang  mengacu RPJMD. Sehingga dari visi misi ini dibreakdown menjadi rencana strategis (Renstra). Selanjutnya dari Renstra tersebut, di breakdown (diturunkan lagi) untuk mendesain program tahunan. 

''visi dan misi kami akan tetap mengacu pada RPJMD, yang dijadikan renstra untuk mendesain program Nasional,''ujarnya.

Program prioritas yang menjadi sasaran  kedepan salah satunya, fokus untuk pembangunan sektor olahraga, dengan meningkatkan pembinaan para atlet diberbagai cabang olahraga, agar prestasi Lobar di bidang olahraga menjadi lebih baik. Disamping itu, tentu masalah kepemudaan menjadi perhatian Dispora kedepan,tambahnya.

“Kami akan fokus dengan  memperhatikan olahraga disemua cabor, terutama meningkatkan pembinaan agar prestasi bisa lebih meningkat kedepan ,”tegas Ilham.

Diakui, saat ini pihaknya belum tahu banyak soal SKPD terkait, sebab ia sendiri belum mengetahui tupoksi kedinasan. Setelah mengetahui tupoksi kedinasan, pihaknya baru menyusun Renstra sesuai visi dan misi kabupaten. 

''awalnya saya tidak tahu tupoksi SKPD baru ini,'' akunya.

Dikatakannya, pihaknya sudah menggelar rapat dengan jajaran untuk penyusunan renstra. Renstra ini harus segera disusun, sebab menyangkut arah program dinas ini kedepan. Dari situ barulah akan disusun program tiap tahun untuk menuju renstra 2019 mendatang. Pihaknya juga belum mengetahui DPA dinas terkait sehingga ia belum tahu apa program yang ada di DPA tersebut. 

Sebagai dinas baru, pihaknya tentu memiliki pekerjaan lumayan berat untuk memimpin dinas ini. Ia perlu menanamkan dasar yang kuat di dinas terkait. Untuk merumuskan ini semua, ia sudah menyampaikan ke jajarannya untuk membuat visi dan misi dinas disesuaikan dengan rencana pembangunan jangka menangah dan jangka panjang. Dari sini pula disusun Renstra dinas. 

“Dari sini kita desain Renstra dinas diturunkan menjadi program supaya keolahragaan dan kepemudaan ini bisa berjalan,”jelasnya. 

Sebab niat awal pemisahan dinas pendidikan dengan olahraga, supaya dinas pendidikan ini fokus mengurus tentang pembelajaran di sekolah-sekolah sehingga kualitas anak didik di Lobar menjadi lebih baik. Demikian juga dengan dilepasnya pemuda olahraga dari dinas pendidikan, agar Dispora ini bisa akses langsung ke provinsi dan kemenpora untuk membangun keolahragaan yang lebih baik kedepan. Sebab dari sisi penganggaran bisa lebih diperhatikan karena sudah ada kementerian secara vertikal. 

''pembinaan prestasi olahraga ini mulai dari pusat, provinsi hingga kabupaten. “Ini menjadi lebih mudah,”jelasnya. 

Secara umum titik tekan Dispora kedepan jelas ilham, dengan berdirinya Dispora menjadi SKPD baru lebih menggeliat lagi even-even keolahragaan. Khususnya cabor-cabor yang memiliki potensi bakal digenjot, sedangkan cabor yang belum berprestasi juga didorong supaya berprestasi. Hal ini jelasnya harapan kedepan.

Dia menambahkan, untuk memulai dinas baru ini pihaknya telah menekankan kebersamaan dan kerjasama antara semua jajaran. Karena itu langkah awalnya membangun suasana kekeluargaan dalam bekerja di dinas terkait. 

Artinya satu sama lain bagian dari keluarga, sehingga tidak ada kompetisi yang mengarah ke hal-hal negarif. Semua bisa berkolaborasi untuk mencapai target kedepan. (07 )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.