Piye

Disbudpar KLU Mulai Data Situs Budaya di Tiap Kecamatan

Disbudpar KLU Mulai Data Situs Budaya di Tiap Kecamatan
SuaraLombok.Com | Lombok Utara - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lombok Utara menurunkan tim untuk pendataan situs-situs budaya dan seni di lima kecamatan. Tim ini akan bekerjasama selama dua minggu untuk mencatat nama-nama situs tersebut.

‘’Kita sudah turunkan 15 orang untuk mendata situs-situs budaya dan seni yang ada di Lombok Utara. Mereka akan bekerja selama 14 hari atau dua minggu sejak kemarin,” ujar Plt Kepala Disbudpar Lombok Utara, Baiq Prita Setiati, Jumat (3/2).

Dari 15 orang ini dibagi menjadi tiga orang per kecamatan. Tim juga akan menyasar seluruh desa yang ada di kecamatan tersebut. Hal ini dilakukan untuk mendapatkan data yang jelas dan detail, sebab data situs yang ada saat ini masih belum jelas atau fiktif.

‘’Dengan keberadaan bidang kebudayaan. Pada awal tahun ini, kita sudah mulai mendata jumlah situs kita yang ada,” terangnya.

Bidang kebudayaan yang ada di Dinas Pariwisata telah memiliki tufoksi. Dari hasil pendataan yang dilakukan ini, selanjutnya akan diberikan pembinaan terhadap pemeliharaan budaya maupun kesenian.

‘’Kita disini banyak aneka budaya dan seni, makanya kita ingin memberikan pembinaan," katanya.

Diakui bahwa jumlah orang yang diturunkan saat ini masih cukup minim mengingat jumlah desa yang ada di Lombok Utara cukup banyak dengan areal kawasan sangat luas. Kedepan, pihaknya juga akan melibatkan desa untuk bersama-sama melakukan pendataan lebih komprehensif.

‘’Nanti akan ada tahap selanjutnya untuk melakukan pendataan lebih detail ke masing-masing desa,” jelasnya.

Jika pendataan situs budaya dan seni ini rampung, pihaknya akan melakukan penataan sehingga bisa menjadi obyek wisata dari aspek sosial budaya dan seni.

‘’Ini nanti akan menjadi obyek kebudayaan dan kesenian yang ditata demi terwujudnya Lombok Utara menuju dunia,” harapnya.(08).

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.