Piye

BKP NTB Andalkan Kaum Perempuan Produksi Cabai

SuaraLombok.com | Mataram - Badan Ketahanan Pangan Nusa Tenggara Barat mengandalkan kaum perempuan untuk menanam cabai yang terintegrasi dengan pemeliharaan unggas guna memenuhi kebutuhan akan komoditas tersebut sepanjang musim.

Kepala Badan Ketahanan Pangan (BKP) Nusa Tenggara Barat (NTB) Hj. Budi Septiani, mengatakan, program Tanam Cabai Terintegrasi Unggas (Tancap Gas) di halaman asri, teratur, indah dan nyaman (Hati) bekerja sama dengan Tim Penggerak Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK).

"BKP bersama PKK akan memberdayakan kelompok wanita yang mengelola Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL)," katanya.

Selain memenuhi kebutuhan cabai sepanjang musim, kata dia, tujuan lain program Tancap Gas di Hati PKK, adalah untuk stabilitas harga khususnya pada saat di luar musim, menekan laju inflasi dan meningkatkan ekonomi masyarakat.

Program tersebut juga dilakukan dalam upaya pemberdayaan kelompok wanita dalam meningkatkan pola konsumsi pangam yang beragam, bergizi, seimbang dan aman (B2SA).

"Di dalam program pemberdayaan kelompok wanita tersebut terdapat kegiatan usaha pengolahan pangan rumah tangga untuk menyediakan pangan yang lebih beragam," tandasnya. (Hms/02)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.