Piye

Angin Kencang Ganggu Aktifitas Penyeberangan Lembar

Angin Kencang Ganggu Aktifitas Penyeberangan Lembar
SuaraLombok.Com | Lombok Barat - Tekanan angin dari arah selatan menyebabkan potensi angin kencang melanda beberapa wilayah di pulau Lombok dalam beberapa hari terakhir termasuk pada aktifitas penyeberangan transportasi laut, Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan ASPD  Lembar  Lombok Barat.

Manager ASDP Lembar Muhammad Yasin yang ditemui Suara Lombok di Kantornya angin kencang yang berlangsung sejak beberapa hari terakhir, cukup berdampak terhadap arus penyeberangan kapal muat barang dari pelabuhan Lembar, tujuan Pelabuhan Padang Bai Denpasar. Dimana pada Selasa sore, terjadi clop atau prakiraan angin yang dapat memicu gelombang mencapai 1,7 clop.

“Memang sempat tertunda penyebrangan selama tiga  jam lamanya dari pukul 16.00 – 19.00 wita Selasa itu akibat gelombang cukup tinggi,” ungkapnya.

Yasin menambahkan sebelumnya pihaknya telah mendapatkan warning oleh KSOP (Kesyahbandaraan dan otoritas pelabuhan) maupun Dinas Perhubungan, agar kapal mengambil sikap siaga bila mengalami kondisi tidak memungkinkan.

"Ya pernah ada pemberitahuan dari KSOP dan dari kadis Perhubungan NTB juga agar kapal bisa siaga jika mengalami kondisi yang tidak diinginkan"

Mesk tidak sampai menghentikan seluruh operasional kapal fery penyeberangan, akibat angin kencang yang terjadi sejak selasa lalu, terdapat empat kapal yang sempat tertunda keberangkatannya terkendala kerasnya angin dan tingginya gelombang di selat Lombok.

“Kita tetap atensi  dan berkoordinasi dengan pihak terkait untuk meminimalisir resiko penyeberangan demi keselamatan kapal dan penumpang ” pungkasnya. (07 )

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.