Piye

Anggarkan 30 Miliar, Pemkab Targetkan 100 Unit RKB

Anggarkan 30 Miliar, Pemkab Targetkan 100 Unit RKB
SuaraLombok.Com | Lombok Barat - Pemkab Lombok Barat (Lobar) tahun ini kembali berusaha menggenjot banyak infrastruktur pembangunan gedung ruang kelas baru (RKB), sebanyak 100 unit dengan anggaran 30 Miliar. Pembangunan tersebut untuk meningkatkan kualitas pendidikan sekaligus mengatasi beberapa persoalan yang ada.

Kepala bidang Sarana Prasarana Dikbud L. Wire Kencane mengatakan, Tahun ini pihaknya akan membangun 100 unit RKB yang tersebar diseluruh Lobar, dengan dana sekitar Rp 30 miliar. Ini bentuk komitmen bupati memenuhi dan meningkatkan pelayanan pendidikan.

”Kondisi di Lobar mengalami kekurangan RKB. Seperti disampaikan Bupati, Lobar kekurangan RKB sebanyak 300 unit, untuk itu kami akan prioritaskan,''ujarnya.

Karena itu, tahun ini secara bertahap bakal dibangun RKB. Tahun ini, Pemda mengupayakan pembangunan ruang kelas baru sebanyak 100 unit. Anggaran total yang sudah dialokasikan Rp 30 miliar dengan alokasi per RKB jelasnya bervariasi. Diakui kekurangan RKB disebabkan rata-rata disetiap tingkatan diterima murid dua kelas sehingga hal ini menyebabkan kekurangan RKB. Jika sekedar enam kelas untuk SD, semua sekolah di Lobar hampir semua terpenuhi. 

“Tapi setiap tingkatan itu ada yang terima dua kelas sehingga ruang kelas kekurangan. Sehingga perlu penambahan RKB,”jelasnya. 

Terkait dimana kecamatan yang mengalami kekurangan RKB menurut ketua KNPI ini, tidak saja di satu kecamatan, namun merata di semua sekolah khususnya SD yang banyak menerima siswa,  karena menerima 2 sampai 3 kelas.

Menurutnya, pembangunan RKB ini diupayakan merata karena untuk keadilan. Namun sekolah-sekolah yang bakal dibangunkan RKB tersebut, sudah ditetapkan berdasarkan usulan dan hasil kajian pihak dinas. 

Masalah proses pengerjaan nanti, akan mulai ditarget pertengahan bulan Maret. Sebab perencanaan sudah rampung diselesaikan. (07)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.