Piye

UPP Labuhan Haji Belum Mampu Penuhi Target PAD

SuaraLombok.Com Lombok Timur - Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Labuhan Haji diakhir tahun 2016 tercatat belum mampu memenuhi target retribusi untuk Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dari target sebesar Rp297 Juta, yang mampu dicapai hanya sebesar Rp290 Juta, atau minus Rp7 juta.

Kepala UPP Labuhan Haji, Hasbullah kepada SuaraLombok.com di kantornya, Jumat (6/1) mengakui hal itu. Menurut dia, tahun 2016 lalu UPP Labuhan Haji belum bisa memenuhi target retribusi untuk PAD Kabupaten Lotim. Hal itu, kata dia, disebabkan hampir tiga bulan pihaknya tidak melakukan pungutan dikarenakan adanya proyek pengerukan kolam dermaga Labuhan Haji.

Dia juga mengakui, selama ini, sangat banyak kapal barang yang ingin bersandar di Labuhan Haji. Akan tetapi terhalang proyek pengerukan kolam tersebut. "InsyaAllah di tahun 2017 ini kami siap dengan target retribusi sebesar Rp300 juta," janjinya. 

Lebih jauh disampaikan Hasbullah, selama ini hasil retribusi yang diperoleh UPP Labuhan Haji Lotim berasal dari bongkar muat kapal pengangkut cangkang sawit, kapal pengangkuta BBM dan kapal angkut pasir batu ke Pulau Jawa.

Mengenai jumlah kapal yang masuk di Pelabuhan Labuhan Haji, Hasbullah merinci bahwa sepanjang tahun 2016 kapal yang masuk mencapai 13 kapal. Sementara di tahun 2015 sebanyak 9 kapal. Atas dasar itulah pihaknya memiliki optimisme terhadap kemajuan Pelabuhan Labuhan Haji, belum lagi jika didukung sarana dan prasarana yang memadai.

" Saya optimis kedepannya akan banyak kapal pengangkut barang yang akan memanfaatkan Pelabuhan ini untuk bongkar muat barang," tutupnya. (RS)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.