Piye

Tinggi, Permohonan Pembuatan Paspor di Lotim

Tinggi, Permohonan Pembuatan Paspor di Lotim
SuaraLombok.Com | Lombok Timur - Pihak Imigrasi kelas I Mataram mengklaim tingginya masyarakat Lombok Timur membuat paspor untuk keperluan bekerja ke Luar Negeri maupun Umrah. Semenjak dibukanya Unit Pelayanan Paspor di Lotim sejak 3 Januari lalu, tercatat jumlah pemohon pembuat mencapai 300 orang.

Kepala Seksi Lalu Lintas Keimigrasian International Kantor Imigrasi Mataram, Ngurah Nanik kepada SuaraLombok.com di kantor ULP Lotim mengakui tingginya peminat pembuat parpor di Lotim. "Memang diakui kalau masyarakat Lotim tinggi pembuatan paspor," akunya.

Dia merinci, dalam sehari pembuat parpor di ULP Lotim mencapai rata-rata 50 orang. Pun tujuan pembuatan parpor itu didominasi ke Negara-negara penerima tenaga kerja seperti Malaysia, Arab Saudi serta beberapa Negara lainnya. 

Tak hanya itu, Nanik juga mengungkapkan bahwa dalam membuat paspor, pihaknya tidak menerima istilah titipan maupun pembuatan parpor secara kolektif. Dia menyarankan agar pemohon datang langsung ke petugas yang ada di ULP Lotim karena harus melalui pemeriksaan terkait syarat-syarat dalam pembuatan paspor tersebut.

"Kalau ada syarat yang kurang maka berkas pemohon dikembalikan oleh petugas untuk minta dilengkapi, termasuk menggunakan kartu antre untuk mengantisifasi adanya calo atau titipan," ujar Ngurah Nanik.

Ditambahkan Nanik, tak hanya Lotim, pihaknya juga menerima permohonan pembuatan paspor dari daerah lain seperti Lombok Tengah dan lainnya. Hal itu tentunya sepanjang semua persyaratan dilengkapi oleh si pemohon. (06)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.