Piye

Tim Saber Pungli Lobar Awasi Prilaku PNS

SuaraLombok.com | Lombok Barat –Tim Saber Pungli Kabupaten Lobar mengikuti video conference Selasa (17/1) yang digelar oleh Tim Saber Pungli Nasional yang dipimpin langsung Irwasum Mabes Polri Komjen Dwi Prayitno yang juga Ketua Pelaksana Saber Pungli RI.

Video Conference itu digelar untuk Tim Saber Pungli di wilayah Indonesia Bagian Timur. Untuk Lobar, kegiatan itu dilaksanakan di wilayah Jembatan Kembar Lembar dan dihadiri Tim saber dari Lobar yakni wakil Ketua 2 Tim Saber Pungli yang juga Wakapolres Lobar Kompol I Gede Sukma. Hadir pula Kepala BKD Lobar Ahdiat Subiantoro, Plt. Kepala Bakessbangpol Lobar I Ketut Sandiasa, pihak Kejari Mataram, dan beberapa anggota tim saber pungli lainnya.

Kegiatan yang dimulai pukul 14.30 Wita itu berlangsung sangat khidmat. Jenderal Polisi bintang 3 ini memaparkan hasil kinerja Saber Pungli secara nasional dari sejak dibentuk telah mampu menjalankan tugas dengan baik dengan melakukan beberapa Operasi Tangkap Tangan (OTT) yang jumlahnya mencapai 80 kasus.

 Secara khusus, Ketua Pelaksana Tim Saber Pungli RI itu memberi catatan bagi Tim Saber Pungli di daerah agar melakukan memonitoring secara intensif serta mengefektifkan gugus tugas intelijen yang melakukan pengawasan terhadap perilaku PNS atau ASN yang terindikasi melakukan pungli pada seluruh jenis layanan publik.

 Tak hanya itu, secara khusus, Dwi Prayitno juga memberi arahan agar melakukan pengawasan dalam proses pengangkatan pejabat-pejabat daerah. Khususnya terhadap pengangkatan pejabat di OPD baru, baik melalui mutasi maupun promosi dengan seleksi terbuka.

Dalam kesempatan tersebut, Prayitno memastikan bahwa Tim Saber Pungli harus sudah terbentuk dengan pembentukan Unit Pelaksana Teknis di 514 Kabupaten/ Kota dan segera menyusun standar operadional prosedur untuk pelaporan dan penindakan agar laporan dapat langsung direspons di tingkat daerah, tidak hanya menumpuk di pusat.
 Sementara itu, Pemkab Lobar melalui Asisten II Setda Lobar H. Poniman menyampaikan bahwa Pemkab Lobar sendiri sangat serius dalam menggalakkan Saber Pungli ini. Terakhir dalam Apel Paripurna Hari ini, Bupati Lobar dirinya menegaskan akan mengintensifkan pencegahan dan penindakan kepada seluruh ASN lingkup Pemkab Lobar. Hal ini tidak hanya sekedar untuk mewujudkan good and clean government saja namun juga untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada pemerintah. (03)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.