Piye

Tak Perlu Repot, Laporan Keuangan Bisa Langsung Via Internet

Tak Perlu Repot, Laporan Keuangan Bisa Langsung Via Internet
SuaraLombok.com | Lombok Utara – Teknologi semakin maju dan berkembang. Tak ingin tertinggal, Pemkab Lombok Utara pun juga akan segera melakukan pengembangan jaringan internet antar SKPD. Hal ini bertujuan supaya memudahkan laporan keuangan maupun urusan surat menyurat.

Diungkapkan Plt Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) KLU, Khaerul Anwar, pihaknya akan segera merealisasikan hal tersebut. Hanya saja, hal ini dilakukan secara bertahap, mengingat ini membutuhkan anggaran besar. Selain itu jarak antar SKPD juga terlampau jauh.

‘Kita akan lakukan bertahap, karena kendalanya juga rencana ini tidak masuk dalam DPA 2017. Mau tidak mau kita akan laksanakan pada tahun depan,” ujarnya, Jumat (20/1).

Menurutnya, Diskominfo sudah melakukan kerjasama dengan salah satu universitas di Mataram perihal master plan program tersebut. Ini merupakan ancang-ancang guna mewujudkan elektronik government di lingkup pemerintahan Lombok Utara.

‘’Master plan sudah ada, jadi nantinya tinggal kita anggarkan kalau ada anggarannya. Karena ini untuk mempermudah adminitrasi kita,” jelasnya.

Sebagai bagian dari pecahan Dishubkominfo, sejauh ini tidak banyak yang pihaknya bisa dikerjakan. Tahun ini akan fokus pada memaksimalkan retribusi tower serta intens melakukan beberapa pelatihan kepada masyarakat.

‘’Yang ini belum kita usulkan karena di DPA tidak ada, saat ini ya kita melakukan pelatihan dan memaksimalkan potensi retribusi yang ada dulu,” katanya.

Dengan terbangunnya jaringan tersebut dianggap mampu mengurangi penggunaan ATK. Terlebih pada tahun lalu, Diskominfo pada saat masih bergabung sudah melaksanakan pembentukan SIMDA online untuk desa sehingga pada tahun selanjutnya akan beranjak ke SKPD.

‘’Nanti akan terkoneksi semuanya, karena untuk penghematan dalam penggunaan kertas dan lain sebagainya. SIMDA online Desa merupakan gerbangnya dulu,” pungkasnya.(08)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.