Piye

SDN Ngolang Roboh, Pemkab Loteng Jangan Cuci Tangan

SuaraLombok.Com | Lombok Tengah — Kawasan Kuta di Kabupaten Lombok Tengah merupakan salah sau kawasan yang sudah kesohor dalam hal pariwisata. Namun miris, salah satu fasilitas pendidikan yakni SDN Ngolang kondisinya sangat memprihatinkan. 

Rabu (4/1), sekolah tersebut tiba-tiba ambruk pada bagian atapnya. Namun masih untung, bangunan tersebut ambruk saat tak ada kegiatan belajar mengajar, karena terjadi petang tadi. 

Supardi, salah seorang tukang bangunan yang mengaku mengerjakan bangunan sekolah ini mengakui, bahwa sekolah tersebut memang kondisinya tidak terawat.

 “Saya tidak kaget, sejak saya dan warga perbaiki setahun lalu dengan swadaya, tidak pernah dirawat apalagi direhab oleh pemerintah,” ungkapnya.

Pihak warga, lanjut Supardi, sempat melakukan diskusi dengan Kepala SDN Ngolang Nuraban, pun dari hasil diskusi itu pihak sekolah mengaku tidak pernah diberi bantuan rehab oleh pemerintah. 

“Kalau tidak ada turis yang bantu dana, mungkin waktu itu kami juga tidak bisa perbaiki,” bebernya.

Usut punya usut, SDN Ngolang ternyata hasil sumbangan pihak swasta. Berdasarkan infomasi yang diterima SuaraLombok.Com dari beberapa pekerja yang membangun SDN Ngolang. Bangunan tersebut sebenarnya bantuan dari orang asing.

 “Kami diskusi dengan kepala sekolahnya, katanya ini bantuan asing, bukan pemerintah,” ungkap Supardi menambahkan.

Namun ironisnya, pihak Dinas Pendidikan dan Olahraga yang dikonfirmasi tak menerima pernyataan itu. Yang terkesan anehnya lagi, pihak Dikpora Loteng tidak juga mengakui jika bangunan itu memang merupakan bantuan pemerintah.

Sekretaris Dikpora Loteng, HL Dipta yang dikonfirmasi terkait hal itu justru menjawab jika pemerintah akan segera menggelontorkan bantuan untuk perbaikan sekolah.

 “Sudah kita data, akan kita laporkan ke pusat dan kita tunggu bantuan,” ungnkapnya singkat.

Dicecar terkait tak adanya bantuan sejak dulu, Dipta enggan memberikan jawaban. Dia hanya menegaskan bahwa pihaknya akan segara mengupayakan agar sekolah ini bisa segera ditempati untuk proses belajar mengajar. (ray)

Tidak ada komentar

Diberdayakan oleh Blogger.